Kapal Tenggelam di Kalbar, 1 ABK Ditemukan dalam Keadaan Selamat

Kapal Tenggelam di Kalbar, 1 ABK Ditemukan dalam Keadaan Selamat
Tim Gabungan SAR, Senin, saat melakukan pencarian terhadap korban nelayan tenggelam di perairan Kalbar dampak cuaca buruk, Selasa (13/7). (Foto ANTARA/HO)

jpnn.com, PONTIANAK - Seorang anak buah kapal (ABK) KM Kenangan Usaha bernama Nicolaus B ditemukan dalam keadaan selamat, setelah kapal yang ditumpanginya tenggelam akibat diterjang ombak saat cuaca buruk di perairan Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (13/7) malam.

Kepala Kantor Search and Rescue (SAR) Pontianak Yopi Haryadi mengatakan korban ditemukan dalam keadaan selamat oleh KM nelayan lainnya pada 15 Juli 2021. 

“Baru hari ini bisa melapor ke Posko SAR Gabungan di Pontianak,” kata Yopi di Pontianak, Senin (19/7). 

Seperti diketahui, ombak tinggi yang terjadi di wilayah perairan Kalbar pada Selasa (13/7) malam mengakibatkan 18 unit KM tenggelam. 

Ombak tinggi yang terjadi di wilayah perairan Kalimantan Barat pada Selasa malam (13/7), telah membuat setidaknya 18 unit kapal tenggelam.

Berdasarkan data SAR Pontianak, total ABK yang menjadi korban sebanyak 138 orang, 81 di antaranya orang selamat, 42 dalam pencarian, 15 ditemukan meninggal dunia.

"Hingga saat ini jumlah KM yang tercatat tenggelam dampak cuaca buruk menjadi 18 unit, kemarin tercatat lagi satu unit KM pemancing yang juga dilaporkan tenggelam di sekitar perairan Pantai Kijing, yang semua ABK sebanyak tiga orang selamat," ungkapnya.

Menurut Yopi, saat ini proses pencarian masih terus dilakukan oleh Tim SAR Gabungan terhadap para nelayan dan ABK KM yang tenggelam akibat digulung ombak saat cuaca buruk wilayah perairan Kalbar. 

Seorang ABK korban kapal tenggelam di perairan Kalbar ditemukan dalam keadaan selamat. Tim SAR masih terus melakukan pencarian baik melalui laut, udara, darat, dan pesisir pantai. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News