Kapan sih Liga 1 Musim 2018 Dimulai? Ah, tak Jelas

Kapan sih Liga 1 Musim 2018 Dimulai? Ah, tak Jelas
Aremania: Salam Satu Jiwa. Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hingga saat ini belum ada kepastian tentang jadwal Liga 1 musim 2018. Sempat muncul kabar kalau liga akan dimulai 10 Maret mendatang. Tapi, kabar tersebut belum pasti.

Belum pastinya jadwal liga ini tentu menyulitkan manajemen Arema FC. Sebab, tanpa kepastian jadwal, manajemen tidak bisa melakukan perencanaan. Apalagi, tahun ini banyak event besar digelar, seperti Piala Dunia, Asian Games, AFF Cup, Ramadan, hingga pilkada.

”Ini perlu direncanakan agar kami bisa memperkirakan kebutuhan biaya selama satu musim ke depan,” ucap Media Officer Arema FC Sudarmaji, Kamis (14/2).

Dia mengungkapkan, kepastian seperti jadwal kick-off, laga tandang pertama ke mana, hingga jadwal runtut Liga 1 harus ada dulu agar klub bisa menyiapkan berbagai kemungkinan dengan matang untuk menghadapi kompetisi.

Apalagi, berdasarkan aturan FIFA, saat turnamen akbar seperti Piala Dunia, Asian Games, atau Piala AFF berlangsung, kompetisi di setiap negara harus dihentikan. Oleh karena itu, jadwal musim 2018 kemungkinan akan dirapatkan jedanya atau bahkan molor.

Sudarmaji menerangkan, pada musim 2018, akan ada tiga jam kick-off. Yakni, pada pukul 15.30, 19.00, dan 21.00. Tentu hal tersebut hal yang tak biasa untuk di Indonesia.

”Pemain kami juga banyak yang muda. Mereka belum tentu terbiasa bermain semalam itu (pukul 21.00, Red),” ucap mantan wartawan itu.

Terlebih lagi, tiga jam kick-off tersebut kemungkinan akan berubah lagi karena dipengaruhi bulan suci Ramadan pada Mei hingga Juni. ”Belum lagi kalau bulan puasa, jadwal yang main sore atau terlalu malam bagaimana?” imbuhnya.

Belum adanya kepastian jadwal LIga 1 musim 2018 membuat manajemen Arema FC mengalami kesulitan menyusun perencanaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News