Kapan Waktu Terbaik Untuk Menyikat Gigi?

Kapan Waktu Terbaik Untuk Menyikat Gigi?
Ilustrasi sakit gigi. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan menyikat gigi secara rutin. Lalu kapan waktu terbaik untuk menyikat gigi?

Ada yang merekomendasikan untuk menyikat gigi secara teratur, yakni dua kali sehari selama dua menit dengan teknik yang tepat.

Selain itu, gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi kuat dan terhindar dari kerusakan.

Kebiasaan ini dapat Anda lakukan pada pagi hari setelah sarapan. Namun, ada baiknya menunggu setidaknya 30 hingga 60 menit antara sarapan dengan waktu menyikat gigi.

Waktu terbaik lainnya adalah pada malam hari sebelum tidur. Bila Anda melewatkannya, bakteri akan lebih cepat berkembang biak pada saat itu.

Sebab ketika tidur, tidak ada aktivitas di rongga mulut dan kondisi air liur yang kurang membuat pH di dalam mulut bersifat asam, sehingga aktivitas kuman dan bakteri meningkat dua kali lebih cepat.

Selain menyikat gigi, untuk menjaga agar rongga mulut tetap sehat dan mengatasi makanan yang terselip, Anda juga dapat membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan dental floss atau benang gigi. Perbanyak pula konsumsi air putih setelahnya.

Meskipun menyikat gigi baik dilakukan setelah makan, tetapi demi meminimalkan risiko erosi gigi, sebaiknya hindari juga menyikat gigi langsung setelah makan. Terutama setelah mengonsumsi makanan yang mengandung asam.(FY/klikdokter)

Kebersihan gigi tentu harus dijaga supaya tidak menimbulkan masalah dan merusak kepercayaan diri Anda.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News