Kapolda Irjen Mathius Fakhri: Situasi Papua Aman, Tak Ada Perayaan HUT OPM

Kapolda Irjen Mathius Fakhri: Situasi Papua Aman, Tak Ada Perayaan HUT OPM
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri. foto: Ridwan/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Mathius D Fakhri menyebutkan tidak ada hal menonjol terkait peringatan HUT OPM di Papua. 

"Untuk situasi terkini terkait dengan kalender kamtibmas semua dalam keadaan terkendali," ujar Kapolda saat diwawancarai di Kota Jayapura, Jumat (1/12) siang. 

Dirinya juga telah memerintah kepada Kapolres di jajaran Polda Papua untuk tidak terpancing dengan aksi-aksi yang dilakukan oleh kelompok bersebrangan. 

"Saya minta kepada Kapolres tidak usah terlalu merespons karena jangan sampai berulang kejadian sehingga ada korban jiwa dari aparat dan masyarakat sipil," ucap Kapolda. 

Kapolda tidak memungkiri ada aksi pengibaran bintang Kejora di dua daerah, tetapi hal itu tidak mengganggu keamanan. 

"Di Timika sudah diamankan, sementara di Puncak termonitor sangat jauh sehingga beresiko," terangnya. 

Saat ditanyakan terkait aksi penyerangan KKB terhadap perajurit TNI di Paris, Nduga, Kapolda telah berkoordinasi dengan Pangdam XVII/Cenderawasih untuk tidak terpancing karena beresiko nyawa prajurit. 

"Kita tidak perlu kejar karena itu sangat beresiko bagi nyawa. Jadi kejadian itu kita tidak boleh terpancing, tetap berjaga, kita pastikan semua ganguan yang terulang itu kita bisa tekan sebaik mungkin," ucap Alumnus Akpol 1990. (mcr30/jpnn) 

Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Mathius D Fakhri menyebutkan tidak ada hal menonjol terkait peringatan HUT OPM di Papua. 


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Cholid Ridwan Abubakar Sangaji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News