Kapolri Pastikan Unsur Makar Bukan dari GNPF-MUI

Kapolri Pastikan Unsur Makar Bukan dari GNPF-MUI
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: dok/Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan, munculnya indikasi makar bukan berasal dari kelompok yang menggelar demo 4 November lalu. 

Menurutnya, adanya indikasi makar didalangi oleh pihak di luar organisasi-organisasi yang terlibat dalam demo.

"Saya sama sekali enggak pernah menyampaikan yang tergabung dalam aksi 4 November kemarin akan melakukan makar," kata Tito di Kantor  Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta Pusat, Senin (28/11). 

Tito juga membantah pernyataan soal dugaan makar itu ditujukan kepada para peserta aksi, termasuk Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesian (GNPF-MUI). 

Kendati begitu, Tito meyakini bahwa akan ada pihak yang akan menunggangi gerakan demo pada 2 Desember mendatang, untuk upaya makar.

"Teman-teman di GNPF paham dengam yang saya maksud. Ada yang memanfaatkan isu itu," kata Tito tanpa menjelaskan siapa pihak yang merencanakan makar itu.

Tito menyampaikan, salah satu kepentingan yang menunggangi Aksi Bela Islam II adalah terorisme. Pada kasus itu, Polri telah menangkap sedikitnya 12 orang terkait rencana aksi teror pada 4 November 2016 lalu.

"Sudah kami tangkap 12 orang. Di antaranya yang terkait demo 4 November 2016. Makanya saya sampaikan jangan ada pihak ketiga yang mengganggu aksi 2 Desember," tandas Tito. (mg4/jpnn)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan, munculnya indikasi makar bukan berasal dari kelompok yang menggelar demo 4 November lalu. 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News