Karang Taruna Garda Terdepan Menyukseskan Kebijakan Pemerintah

Karang Taruna Garda Terdepan Menyukseskan Kebijakan Pemerintah
Mensos Tri Rismaharini. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) mendukung upaya penanganan permasalahan sosial dengan melibatkan pilar-pilar sosial yaitu Karang Taruna, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), serta Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

Dari awal berdiri hingga saat ini, pilar-pilar sosial telah membuktikan tidak hanya mampu menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat, tetapi juga menjadi garda terdepan dalam menyukseskan kebijakan dan program pemerintah.

Menurut Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial (Ditjen Dayasos) Kemensos Edi Suharto, pilar-pilar sosial harus saling bersinergi, berkolaborasi, memberikan edukasi serta pelayanan kepada masyarakat dalam pelaksanaan program.

Salah satunya dilakukan oleh Karang Taruna dalam penanganan pandemi Covid-19.

Karang Taruna harus mampu melakukan pendekatan dan menjelaskan kepada masyarakat cara pencegahan penyebaran Covid-19, misalnya mengajak dan mengampanyekan protokol kesehatan (prokes) menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, serta menjaga jarak.

Karang Taruna di berbagai daerah di Indonesia mengambil peran strategis dalam pencegahan Covid-19 dengan melakukan pembagian masker di tempat umum, penyemprotan disinfektan di rumah-rumah ibadah, serta aktif dalam penanganan pascaterjadi bencana alam yang tengah melanda tanah air.

Dari peran yang telah dilakukan sebagai pilar-pilar sosial tersebut, Karang Taruna dituntut mampu melakukan restorasi sosial dengan mengembalikan nilai-nilai gotong royong, menguatkan pentingnya hidup berbagi dan mempraktikkannya.

Selain itu, menjadi inspirasi bagi masyarakat, yang dampaknya ditandai dengan meningkatnya partisipasi sosial, rakyat mampu menyelesaikan masalah, terjadi integrasi sosial, serta timbul kesadaran untuk saling membantu.

Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto Selasa (2/3) pagi dijadwalkan melantik Pengurus Nasional Karang Taruna dan Majelis Pertimbangan Nasional Karang Taruna masa bakti 2020-2025 hasil Temu Karya Nasional Karang Taruna VIII Tahun 2020, di Gedung Aneka Bhakti, Kemensos RI, Jalan Salemba Raya Nomor 28 Jakarta. (rls/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto, Selasa (2/3) pagi dijadwalkan melantik Pengurus Nasional Karang Taruna dan Majelis Pertimbangan Nasional Karang Taruna masa bakti 2020-2025.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News