Karolin Siap Jadi Sahabat UMKM Kalimantan Barat

Karolin Siap Jadi Sahabat UMKM Kalimantan Barat
Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, dr. Karolin Margret Natasa bertemu dengan ibu-ibu yang tergabung dalam UMKM di Ngabang, Kalbar, Rabu (18/4). Foto: Istimewa

jpnn.com, LANDAK - Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, dr. Karolin Margret Natasa menyatakan siap menjadi sahabat bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di seluruh Kalimantan Barat. Hal ini untuk mendorong peningkatan kapasitas pelaku usaha.

“Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Kalbar, saat ini ada sekitar 108 ribu UMKM yang tersebar di wilayah Kalbar. Saya sendiri siap untuk menjadi sahabat bagi pelaku UMKM agar bisa bersama-sama menumbuhkembangkan usaha yang ada di masyarakat,” kata Karolin di Ngabang, Kabupaten Landak, Kalbar, Rabu (18/4).

Jika dilihat dari komposisi jumlah penduduk Kalbar, lanjutnya, angka jumlah UMKM tersebut memang masih sangat sedikit. Hal ini jelas berpengaruh pada pergerakan sektor ekonomi masyarakat.

Angka 108 ribu tersebut, menurutnya, memang masih sedikit. Dirinya yakin, saat ini banyak UMKM yang belum terdata.

“Untuk itu, ini menjadi PR kita ke depan agar bisa merangkul semua UMKM dan memberikan dorongan kepada mereka dalam pengembangan usahanya. Makanya, UMKM harus bisa kita jadikan sahabat, agar kita bisa lebih intens dalam memberikan pembinaan," tuturnya.

Menurutnya, banyaknya UMKM yang belum terdata, disebabkan mereka belum percaya diri dengan usaha dan produknya.

Untuk itu, ia berharap pelaku usaha lebih terbuka sehingga bisa berbaur dengan komunitas usaha lainnya seperti PLUT untuk meningkatkan kapasitas usahanya.

Karolin mengatakan kendala yang sering dihadapi UMKM dari pendataan yang ada adalah terkait permodalan. Namun ia menyebut dengan berbagai kemudahan yang ada, permodalan bukan lagi menjadi kendala, karena pemerintah kata dia sejak tahun lalu sudah menyiapkan skema Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Karolin Margret Natasa menyatakan siap menjadi sahabat bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM) yang ada di seluruh Kalbar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News