Kartu Sembako Rp200 Ribu, Bansos Tunai Rp300 Ribu, PKH untuk 10 Juta Keluarga

Kartu Sembako Rp200 Ribu, Bansos Tunai Rp300 Ribu, PKH untuk 10 Juta Keluarga
Menteri Sosial Tri Rismaharini. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meluncurkan program bantuan tunai se-Indonesia untuk tahun 2021, dengan total anggaran Rp110 triluun, di Istana Negara Jakarta, Senin (4/1).

Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan rincian tiga program bantuan sosial yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako dan Bantuan Sosial Tunai yang diluncurkan langsung Presiden Jokowi itu.

"Penyerahan bantuan tunai ini meliputi Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako, dan Bansos Tunai, selain dilakukan di istana oleh Presiden, pada saat yang sama juga dilakukan penyerahan di 34 provinsi oleh para gubernur," kata Risma di Istana Negara Jakarta, Senin.

Bu Risma menjelaskan, pada 2021, sesuai dengan alokasi anggaran Kementerian Sosial rincian tiga program bantuan sosial tersebut adalah sebagai berikut:

1. PKH dengan target penerima 10 juta keluarga dan anggaran Rp28,7 triliun.

2. Kartu Sembako dengan target pertama 18,8 juta keluarga dan anggaran Rp45,12 triliun.

3. Bansos Tunai dengan target penerima 10 juta keluarga dan anggaran Rp12 triliun yang seluruhnya akan disalurkan di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

PKH bagi 10 juta keluarga akan disalurkan setiap 3 bulan sekali sepanjang 2021 yaitu pada Januari, April, Juni dan Oktober. Pada Januari 2021 akan disalurkan sebesar Rp7,17 triliun.

Mensos Tri Rismaharini menjelaskan mengenai program Kartu Sembakom Bansos Tunai, dan PKH.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News