Kaset Masih Diminati Kawula Muda

Kaset Masih Diminati Kawula Muda
Foto: Getty

jpnn.com - LONDON - Pesatnya pasar musik digital dibarengi dengan maraknya gadget ternyata tidak secara langsung mengurangi pasar penjualan kaset musik tradisional.

Sebuah survei yang dilakukan lembaga penelitian publik, ICM Group di Inggris menunjukkan satu dari 10 anak muda membeli kaset musik pada bulan lalu. Penelitian ini menunjukkan format yang berbentuk fisik seperti kaset ini masih populer dibanding mengunduh lagu secara digital.

Tahun lalu, survei menunjukkan sekitar 57 persen orang membeli CD, sementara 39 persen lainnya membeli lagu-lagu dengan cara mengunduh format MP3.

"Popularitas kaset ini adalah bagian dari hobi mereka mengumpulkan barang-barang," ujar sumber ICM Group, seperti dilansir CNBC, Kamis (17/4).

Survei yang dilakukan terhadap 2.030 orang ini antara tanggal 11 dan 15 April. Mereka mengatakan 15 persen orang membeli CD, vinyl dan kaset tapi tidak berniat pernah mendengarkannya. Kaset-kaset itu dibeli hanya dijadikan sebagai salinan fisik.

"Pasti ada sesuatu yang baru dengan kaset tersebut pada saat ini, kami menduga ini merupakan bagian dari hobi mereka dalam mengumpulkan kaset supaya terlihat rapi berderet di rak tapi tidak pernah mendengarkannya," kata Maurice Fyles, yang bekerja pada badan penelitian Record Store Day.

Lebih dari setengah orang-orang ini membeli kaset rekaman, 48 persen membeli CD dan 23 persen rekaman kaset audio tapi mereka tidak pernah punya niat mendengarkan. Perilaku ini sangat umum dengan anak-anak muda, lebih dari seperempat anak muda yang berusia 18 sampai 24-tahun ini membeli musik hanya untuk salinan fisik.

"Meskipun kita dapat menyimpan arsip musik kami di komputer atau di aplikasi Cloud, sebagian besar pembeli musik terus membeli format fisik dengan file MP3 sebagai tambahan," kata Fyles.

LONDON - Pesatnya pasar musik digital dibarengi dengan maraknya gadget ternyata tidak secara langsung mengurangi pasar penjualan kaset musik tradisional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News