Kastaf Gedung Putih Calon Menkeu AS

Kastaf Gedung Putih Calon Menkeu AS
Kastaf Gedung Putih Calon Menkeu AS
WASHINGTON–Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama terus melengkapi kabinetnya sebelum dilantik pada 21 Januari nanti. Setelah posisi menteri luar negeri (menlu) dan menteri pertahanan terisi, giliran menteri keuangan (menkeu). Kamis waktu setempat (10/1) atau hari ini WIB (11/1), tokoh 51 tahun itu dijadwalkan mengumumkan secara resmi pengganti Timothy Geithner sebagai menkeu.

Rabu lalu waktu setempat (9/1), Kepala Staf (Kastaf) Gedung Putih Jacob Joseph ’’Jack’’ Lew dinyatakan sebagai calon pengganti Geithner. Lew, 57, dipilih karena memiliki pengetahuan cukup luas tentang perekonomian domestik dan internasional.

Sebelumnya, pria keturunan Polandia itu menjabat sebagai direktur pada Office of Management and Budget (OMB) Gedung Putih di masa Obama dan Presiden Bill Clinton.

’’Dia merupakan politikus sejati. Dia juga bekerja keras untuk bisa berada pada posisinya saat ini,’’ kata Paul Light, pengajar ilmu kebijakan publik New York University yang menjadi kolega dekat Lew.

Lightmenuturkan, Lew bukan tipe politikus yang suka menempuh jalan pintas untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Selain pekerja keras, kata dia, Lew adalah politikus yang tekun.

WASHINGTON–Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama terus melengkapi kabinetnya sebelum dilantik pada 21 Januari nanti. Setelah posisi menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News