Kata Dokter Boyke, Berpuasa Tidak Membuat Anu Pria Sulit Berdiri, Asalkan....

Kata Dokter Boyke, Berpuasa Tidak Membuat Anu Pria Sulit Berdiri, Asalkan....
Seksolog dr Boyke Dian Nugraha SpOG MARS. Foto: Vidio/boykepedia

jpnn.com, JAKARTA - Seksolog kondang dr Boyke Dian Nugraha SpOG MARS mengatakan bahwa tidak ada kaitannya secara langsung antara kegiatan berpuasa dengan disfungsi ereksi.

Kalaupun ada, lanjut Boyke, hal itu lebih disebabkan karena si pria memiliki rasa takut, cemas kepada Tuhan, dan khawatir ibadah puasanya terganggu.

Menurut bapak tiga anak ini, berpuasa merupakan kemampuan seseorang menahan lapar, menjaga hawa nafsu sejak sahur sampai berbuka.

"Sementara disfungsi ereksi berkaitan dengan kemampuan anu pria untuk bisa tegang," kata dokter Boyke, dikutip dari kanal boykepedia di Vidio, Kamis (14/3).

Meski demikian, alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini mengatakan bahwa bisa saja puasa dan disfungsi ereksi berkaitan.

"Menekan gairah bermain cinta saat berpuasa itu bagus, tetapi jangan sampai terbawa sampai setelah berbuka," ujar Boyke.

Sebab, kata dia, kebutuhan seksual tetap harus terjaga meski di bulan Ramadan karena dua atau tiga kali harus disalurkan.

"Tolonglah, saat pasangan meminta berhubungan harus dilakukan karena itu, kan, sebagian dari ibadah juga," tuturnya.

Dokter Boyke menyatakan bahwa tidak ada kaitannya langsung antara berpuasa dengan disfungsi ereksi atau sulit berdiri, asalkan....

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News