Katulampa Siaga I, Gubernur Anies Hubungi Bima Arya

Katulampa Siaga I, Gubernur Anies Hubungi Bima Arya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menelepon Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto terkait ketinggian permukaan air di Bendungan Katulampa yang sudah berstatus Siaga I, Senin (5/2). Menurut Anies, berdasarkan laporan Arya, air di Bendungan Katulampa meningkat 20 sentimeter.

"Beliau sedang berada di lokasi di Katulampa. Bahwa status Siaga I Katulampa itu pada posisi 220 sentometer dan per saat tadi kami bicara angkanya adalah 240 sentimeter," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat.

Oleh karena itu, Anies meminta masyarakat DKI untuk mewaspadai status Siaga I di Katulampa. Dia juga memerintahkan kepada jajarannya untuk mengantisipasi banjir kiriman.

"Menurut laporan beliau kondisi seperti ini terakhir terjadi di Katulampa adalah 2013. Jadi di Bogor sana per tadi beliau laporkan ada 13 titik banjir di Bogor," kata Anies.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu juga mengimbau warga di sekitar Sungai Ciliwung agar lebih waspada. Berdasar prediksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kata Anies, banjir kiriman dari Bogor akan tiba di Jakarta pukul 18.00.

Namun, Anies menduga banjir kiriman akan datang lebih awal. "Menurut proyeksi terakhir tadi saya baru bicara dengan Kepala Dinas Sumber Daya Air, diperkirakan pukul 13.00 air akan sampai wilayah DKI Jakarta. Jadi mungkin akan lebih awal daripada yang diproyeksikan," kata Anies.(tan/jpnn) 


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menelepon Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto terkait ketinggian permukaan air di Bendungan Katulampa yang berstatus Siaga I.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News