Kawal Profesionalisme SDM Pertanian, Kementan Gandeng UNISMA

Kawal Profesionalisme SDM Pertanian, Kementan Gandeng UNISMA
Kementan melalui BPPSDMP baru saja menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Universitas Islam Malang (UNISMA) untuk pengembangan profesionalisme sumber daya manusia (SDM) pertanian. Foto: Dok Kementan

jpnn.com, MALANG - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan terus melakukan upaya pengembangan profesionalisme sumber daya manusia (SDM) pertanian lewat pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Untuk mewujudkan program tersebut, Kementan melalui BPPSDMP baru saja menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Universitas Islam Malang (UNISMA).

Hal ini merupakan bentuk sinergitas berbagai pihak dalam mendukung lahirnya petani dan wirausaha muda pertanian demi mencapai tujuan tersebut pembangunan nasional.

"Kementan mengawal kolaborasi ini untuk mencapai tujuan bersama, menghasilkan petani milenial yang melek inovasi di era 4.0 demi ketahanan pangan nasional," ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Kesepakatan tersebut di tandatangani langsung oleh Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi selaku Kepala BPPSDMP, dan Maskuri selaku Rektor UNISMA.

Bertempat di UNISMA (27/03), perjanjian kerja sama ini dimaksudkan untuk membentuk kolaborasi dalam menciptakan profesionalisme SDM pertanian lewat dukungan program unggulan masing-masing pihak.

Sebagaimana disampaikan Kepala BPPSDMP Dedi Nuryamsi, secara umum tujuan yang ingin dicapai ialah terbentuknya sinergitas antara Kementan bersama perguruan tinggi dalam menghasilkan petani milenial yang melek guna mencapai ketahanan pangan nasional.

"Kita harapkan dapat saling bersinergi dengan konsep pentahelix atau multipihak, termasuk perguruan tinggi, badan atau pelaku usaha, pemerintah, akademisi, serta masyarakat, dalam menciptakan lumbung pangan baru dan mencapai ketahanan pangan nasional," kata Dedi dalam kesempatan tersebut.

BPPSDMP Kementan terus melakukan upaya pengembangan profesionalisme sumber daya manusia (SDM) pertanian lewat pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News