KBRI Ankara Minta Keluarga WNI Tenang, Ini Daftar Daerah Terdampak Gempa Turki

KBRI Ankara Minta Keluarga WNI Tenang, Ini Daftar Daerah Terdampak Gempa Turki
Para warga memeriksa bangunan-bangunan yang roboh akibat gempa bumi hebat di Malatya, Turki, Senin (6/2/2023). ANTARA/Xinhua/Mustafa Kaya/am.

jpnn.com, JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI Ankara mengimbau masyarakat yang keluarganya berada di Turki tetap tenang karena tidak semua wilayah di negara itu terdampak gempa bumi.

KBRI Ankara melalui keterangan resminya menyatakan wilayah utama terdampak gempa magnitudo 7,8 pada Senin (6/2) berada di tenggara Turki.

"Perlu kami tegaskan sekali lagi, wilayah utama yang mengalami gempa bumi hanya di wilayah Tenggara Turki yang berdekatan dengan perbatasan Suriah," demikian siaran pers KBRI Ankara diterima di Jakarta, Selasa (7/2).

Imbauan agar keluarga WNI tetap tenang disampaikan setelah hotline KBRI Ankara menerima banyak permintaan informasi dari masyarakat Indonesia mengenai kondisi keluarga mereka yang berada di Turki.

KBRI Ankara menjelaskan bahwa wilayah utama yang terdampak gempa Turki meliputi 12 daerah, yaitu Adana, Ad?yaman, Kahramanmara?, Gaziantep, Diyarbak?r, Hatay, Kilis, ?anliurfa, Malatya, Osmaniye, Elazig, Elbistan.

Berdasarkan catatan KBRI Ankara, di wilayah tersebut diperkirakan terdapat sekitar 500 WNI yang bermukim dan sebagian besar adalah pelajar, pekerja spa terapis, orang yang menikah dengan warga setempat, dan pekerja di organisasi internasional yang beroperasi di perbatasan Turki-Suriah.

Dijelaskan pula, dari 6.500 WNI yang tercatat di Turki, hampir 90 persen tinggal di kawasan Marmaris (Istanbul, Bursa, Kocaeli, Canakkal, Kirklareli), Anatolia Tengah (Ankara, Syakarya, Karabuk, Kastamonu, Zonguldak, Samsun, Barten, Afyon, Kutahya, Eskisehir) dan Agean (Isparta, Antalya, Izmir, Bodrum, Mugla).

"WNI di daerah-daerah tersebut tidak terkena dampak gempa dan semuanya dalam keadaan aman," tulis otoritas KBRI Ankara.

KBRI Ankara sampaikan info terbaru untuk keluarga WNI terkait gempa Turki magnitudo 7,8 yang menimbulkan ribuan korban jiwa. Ini daftar daerah terdampak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News