Kebahagiaan Presiden Jokowi Bertemu Ratusan Ulama Aceh

Kebahagiaan Presiden Jokowi Bertemu Ratusan Ulama Aceh
Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan para ulama di Banda Aceh, Jumat (14/12). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, BANDA ACEH - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah melakukan kunjungan kerja di Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Jumat (14/12). Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu mengawali agenda dalam kunjungan kerjanya dengan bersilaturahmi bersama para ulama se-Provinsi NAD di Banda Aceh.

Presiden Jokowi pada kesempatan itu mengaku merasa senang bisa berkumpul dengan para ulama. "Alhamdulillah saya berbahagia sekali pagi hari ini saya bisa bersilaturahmi dengan yang mulia para ulama," ujarnya.

Di hadapan 105 ulama dari berbagai wilayah di NAD hadir pada pertemuan itu, Presiden Jokowi juga menyinggung soal Rancangan Undang-Undang (RUU) Pesantren dan Pendidikan Keagamaan. Menurutnya, pemerintah berkomitmen agar RUU ini bisa diselesaikan secepatnya.

"Ini memang pemerintah terus mendorong agar bisa diselesaikan karena itu adalah sebuah payung hukum besar," kata Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, ada tujuan jangka panjang melalui RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan. Yakni membangun sekaligus mengembangkan pendidikan pesantren dan keagamaan di tanah air.

Berdasarkan data yang diterima Presiden Jokowi, saat ini jumlah pondok pesantren di Indonesia mencapai 28 ribu. Mantan wali kota Solo itu menjelaskan, RUU tersebut jika sudah diberlakukan akan menjadi payung hukum bagi pemerintah dalam mengalokasikan anggaran guna menunjang kegiatan di pondok pesantren.

“Apabila negara ingin memberikan anggaran kepada pondok pesantren, baik dalam rangka pembangunan pondok, baik, misalnya, untuk guru-guru ngaji yang ada di dalam pondok,” tuturnya.

Selain membahas RUU Pesantren, pertemuan itu juga mendiskusikan sejumlah masalah kebangsaan. Antara lain tentang pentingnya Islam wasatiyyah atau jalan tengah yang dibahas pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia di Bogor pada Mei 2018 lalu.

Presiden Jokowi yang tengah melakukan kunjungan kerja di Banda Aceh bertemu dengan ratusan ulama dari berbagai daerah di Nangroe Aceh Darusalam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News