Kebakaran Hutan Berpotensi Terjadi di Kalteng

Kebakaran Hutan Berpotensi Terjadi di Kalteng
Kebakaran Hutan dan lahan. ILUSTRASI. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, PALANGKA RAYA - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) berpotensi terjadi di wilayah Kalimantan Tengah beberapa hari ke depan.

Menurut prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palangka Raya, Candra Mukti Wijaya, hal tersebut dikarenakan suhu panas yang terjadi dan mengakibatkan material seperti gambut dan lainnya akan menjadi mudah terbakar.

“Potensi kemudahan terjadinya kebakaran tersebut kita melihat atau ditinjau dari analisa parameter cuaca,” ujarnya seperti diberitakan Kalteng Pos (Jawa Pos Group).

Sementara, untuk beberapa wilayah seperti Kotawaringin Timur, Seruyan, Gunung Mas, Murung Raya dan Katingan tetap mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai angin kencang.

Kendati demikian pihaknya juga menjelaskan bahwa untuk saat ini masih berlangsung musim kemarau, walaupun sesekali masih terjadinya hujan.

Selain itu kepada masyarakat yang melakukan aktifitas di areal rawan kebakaran, untuk tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat.(nue/ram)

 



Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News