Kecam AS, Ahmadinejad Diboikot

Kecam AS, Ahmadinejad Diboikot
Kecam AS, Ahmadinejad Diboikot
NEW YORK - Sebuah peristiwa menarik mewarnai Sidang Umum PBB di Kota New York, Amerika Serikat (AS), Kamis waktu setempat (22/9). Delegasi Amerika Serikat (AS) walkout saat Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad berpidato tentang Holocaust dan serangan 11 September 2001 alias 9/11.

Dalam pidatonya di hadapan negara-negara anggota PBB tersebut, Ahmadinejad kembali mengangkat isu sensitif tentang Holocaust. "Beberapa negara Eropa masih tetap menggunakan Holocaust, yang sudah berlalu selama enam dekade, sebagai alasan untuk memberikan bantuan terhadap Zionis (Israel)," kritik pemimpin 54 tahun tersebut seperti dilansir Agence France-Presse kemarin (23/9).

Ahmadinejad juga memprotes keberpihakan AS terhadap Israel. Menurut dia, selama sekitar enam dekade terakhir, Negeri Paman Sam menganggap Israel sebagai negara yang istimewa. Karena itu, AS selalu membela Israel meskipun untuk mewujudkan hal tersebut, AS harus mengorbankan negara lain. Dia lantas menyebut konflik Israel dan Palestina sebagai salah satu contoh.

Para diplomat AS yang duduk di ruang sidang pun kebakaran jenggot begitu mendengar tudingan Ahmadinejad tersebut. Sebelum pidato 20 menit itu berakhir, delegasi AS beranjak dari kursi mereka dan meninggalkan ruang sidang begitu saja. Langkah tersebut lantas diikuti oleh delegasi 27 negara Eropa yang tergabung dalam Uni Eropa (UE).

NEW YORK - Sebuah peristiwa menarik mewarnai Sidang Umum PBB di Kota New York, Amerika Serikat (AS), Kamis waktu setempat (22/9). Delegasi Amerika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News