Kehadiran DPD RI Dalam Forum Antarparlemen Penting

Kehadiran DPD RI Dalam Forum Antarparlemen Penting
Delegasi parlemen Indonesia terdiri dari DPR dan DPD pada forum ke-26 Asia Pacific Parlementary Forum (APPF), di Hanoi Vietnam, Jumat (19/1). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - DPD RI adalah kumpulan para senator yang mewakili daerah, dan karena itu informasi dari daerah dengan kemajemukannya sangat penting dalam memperkaya forum antarparlemen Asia Pasifik.

Hal itu disampaikan oleh Sekjen Inter Parliamentary Union (IPU) Martin Chungong saat bertemu delegasi parlemen Indonesia yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPD RI Letjen TNI Mar. Purn Dr. Nono Sampono di sela-sela forum ke-26 Asia Pacific Parlementary Forum (APPF), di Hanoi Vietnam, Jumat (19/1).

Kehadiran DPD RI Dalam Forum Antarparlemen Penting

Delegasi DPD RI Parlindungan Purba (kiri) pada Forum ke-26 Asia Pacific Parlementary Forum (APPF), di Hanoi Vietnam.

Sebelumnya, Nono menjelaskan sistem bikameral di Indonesia. Para senator adalah mereka yang mewakili daerah dan otonomi daerah telah mendorong peran daerah yang sangat penting dalam kemajuan Indonesia. Penjelasan delegasi Indonesia mengenai pentingnya peran daerah akan memberi inspirasi bagi forum APPF.

Hal ini dibenarkan oleh Sekjen IPU, dan dipahami bahwa DPR RI dan DPD RI saling melengkapi sesuai perannya masing masing. Keduanya tidak dapat dipisahkan tapi dapat dibedakan.

Delegasi Indonesia keberatan jika undangan hanya disampaikan atau dikirim melalui Sekjen DPR RI. Kendala birokrasi menghambat komunikasi DPD RI dengan IPU. Keduanya sepakat bahwa di masa yang akan datang walau surat dikirim satu saja, tapi ditujukan kepada dua Lembaga yakni DPR RI dan DPD RI.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pertukaran cenderamata, dan beberapa anggota DPD RI juga memperkenalkan daerahnya masing-masing melalui cenderamata, antara lain pemberian ulos dari senator Parlindungan Purba.

Beberapa anggota DPD RI juga memperkenalkan daerahnya masing-masing melalui cenderamata, antara lain pemberian ulos dari senator Parlindungan Purba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News