Kejutan! Lembaga Survei Ini Sebut Zulhas Sudah Lampaui Prabowo

Kejutan! Lembaga Survei Ini Sebut Zulhas Sudah Lampaui Prabowo
Zulkifli Hasan. Foto: MPR

jpnn.com, JAKARTA - Survei Indonesia Political Opinion (IPO) menemukan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan jauh mengungguli Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dalam aspek kesukaan publik.

Zulkifli Hasan menempati urutan kelima dengan persentase 82,7 persen sebagai tokoh paling disukai, sedangkan Prabowo Subianto hanya mencapai posisi kesebelas dengan persentase 73,8 persen. 

“Zulhas mendapat persepsi baik, karakternya yang tidak menonjol dalam upaya-upaya kontestasi membuatnya jauh lebih disukai dibanding tokoh-tokoh yang giat promosi politik. Situasi ini menunjukkan masyarakat lebih suka pada tokoh yang terkesan tenang, tidak memaksa diri untuk habis-habisnya membangun popularitas," kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah saat merilis hasil survei bertajuk Dinamika Isu Sosial Kemasyarakatan dan Konstelasi Politik 2024, Sabtu (26/2).

Meski demikian, Dedi mengatakan Prabowo Subianto merupakan tokoh paling populer dengan persentase 97,6 persen. Di sisi lain, 26,2 persen menyatakan tidak menyukai Prabowo.

Sementara Zulhas dalam skema popularitas berada di urutan delapan dengan persentase 57 persen.

Sementara nama lain yang berada di urutan teratas paling popular di bawah Prabowo ialah Anies Baswedan 86,2 persen, Sandiaga Uno 85 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 70,1 persen, Ridwan Kamil 68,5 persen, Puan Maharani 64,8, dan Ganjar Pranowo 63,2 persen.

“Situasi ini menggambarkan jika popularitas tidak menjamin keterpilihan seseorang, karena tokoh populer terbukti miliki tingkat ketidaksukaan publik cukup tinggi. Sementara elektabilitas lebih banyak dipengaruhi oleh tingkat kesukaan. Membaca data ini, bukan tidak mungkin tokoh kelas tengah kian mengejar ketertinggalan," kata Dedi.

Dedi juga mengungkapkan lima nama tokoh teratas paling disukai publik tetapi tidak diunggulkan oleh parpol. Pertama ialah Sandiaga Uno 89.3 persen, Dedi Mulyadi 88,6 persen, Ridwan Kamil 86,4 persen, Ganjar Pranowo 84 persen, dan Zulkifli Hasan 82,7 persen.

Indonesia Political Opinion (IPO) menemukan fakta baru mengenai Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang mengungguli Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Popularitas dianggap belum cukup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News