Kekurangan Cairan Picu Penyakit Mag

Kekurangan Cairan Picu Penyakit Mag
Ilustras. Getty Images

jpnn.com - JAKARTA -- Selain penting untuk menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga, ternyata kesehatan juga perlu diimbangi dengan mengkonsumsi air mineral yang cukup sebagai penambah cairan untuk daya tahan tubuh.

Pesan inilah yang disampaikan dalam acara bertajuk  "Stay Healthy, Stay Hydrated,". Pakar kesehatan, Dr. Riani Susanto, ND  mengatakan bahwa tubuh manusia sangatlah rentan akan kekurangan cairan air. Untuk itu, diperlukan keteraturan dalam mengkonsumsi air mineral, karena tubuh manusia justru jauh lebih membutuhkan cairan ketimbang mengkonsumsi makanan dan tanpa cairan tubuh manusia hanya mampu bertahan hingga tiga hari saja.

"Penyakit mag dan asam lambung juga dampak dari kurangnya tubuh terhadap air. Dimana zat asam pada lambung jauh lebih banyak daripada cairan yang dimiliki oleh tubuh kita," katanya dalam acara Stay Healthy, Stay Hydrated di Zumba Fitness, Kemang, Jakarta (5/10).

Menurut Dr, Riani Susanto, semenjak berbentuk janin yang berada di dalam kandungan, manusia sudah mengkonsumsi air yang masuk dan diproses oleh ibu sang bayi. Jadi, tidak ada batasan bagi seorang manusia untuk mengkonsumsi seberapa banyak air mineral yang boleh diminum, namun mengkonsumsi air juga bisa disesuaikan dengan berat tubuh kita.

"Jika seseorang memilki berat badan 65-70kg, maka orang tersebut bisa meminum air mineral setengah dari berat badannya, sekitar 3-3,5 liter per-hari," tambah Dr. Riani Susanto.

Sementara itu, artis sekaligus instruktur senam Zumba, Liza Natalia mengungkapkan bahwa mengkonsumsi air mineral sangat penting bagi dirinya. Hampir setiap sebelum dan seusudah bangun tidur dirinya meminum dua gelas air mineral. "Setiap saat saya mau tidur dan sesudahnya, saya selalu menyempatkan diri untuk meminum dua gelas air mineral. Terlebih di profesi saya sebagai seorang instruktur yang dituntut untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar," ungkapnya.

Sebagai salah satu perusahaan air mineral terkemuka di Indonesia, PT. Akasha Wira International Tbk, selaku pemegang resmi brand air mineral "Nestle Pure Life" mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih banyak mengkonsumsi air mineral dalam setiap aktivitas demi menjaga keseimbangan tubuh.

President Director PT. Akasha Wira International Tbk, Martin Jimi mengatakan bahwa banyak air putih di Indonesia. Namun air di tempat pengisian ulang cenderung memiliki fasilitas dan standar produksi yang tidak layak. "Di kami (Nestle, -red), seluruh fasilitas baik alat penunjang dan standar produksi yang dipakai sudah mengikuti standar Internasional dan berada di bawah badan kesehatan dunia, World Health Organitation (WHO)," ucapnya.

JAKARTA -- Selain penting untuk menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga, ternyata kesehatan juga perlu diimbangi dengan mengkonsumsi air mineral

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News