Kelas Musik Dapat Meningkatkan Literasi Anak

Kelas Musik Dapat Meningkatkan Literasi Anak
ilustrasi

jpnn.com - AKTIF terlibat dalam kelas musik dapat membantu meningkatkan literasi (kemampuan untuk memahami, membaca dan menulis) anak. Dalam sebuah studi mengungkap, para ilmuwan di Northwestern University menggunakan kabel elektroda dengan sensor tombol untuk memantau respons otak para siswa. 

Peneliti mengamati bahwa orang-orang muda yang aktif terlibat dalam kelas musik dinilai lebih tinggi pada tes buta huruf dan dipamerkan peningkatan fungsi bahasa dibandingkan dengan siswa yang muncul lebih pasif selama kelas. 

"Bahkan dalam kelompok ini, siswa sangat termotivasi dan memperlihatkan kekuatan pengolahan saraf setelah pelatihan musik," kata salah seorang peneliti, Nina Kraus, seperti dikutip dari Fox News, Senin (29/12)

Temuan juga menunjukkan bahwa siswa yang memainkan alat musik, lebih baik dalam pengolahan saraf dibandingkan dengan siswa yang menghadiri kelas apresiasi musik. "Hasil kami mendukung pentingnya pengalaman aktif dan keterlibatan yang berarti dengan suara untuk merangsang perubahan di otak," imbuh Kraus.

Dalam studi ini, peneliti tidak menggunakan kelompok kontrol aktif, melainkan mencari perbedaan dalam kelompok anak-anak yang berpartisipasi dalam kelas yang dijalankan oleh nirlaba Program Harmony Proyek musik masyarakat, yang berbasis di Los Angeles.

Penelitian sebelumnya dari Northwestern juga berdasarkan data Proyek Harmony, menunjukkan bahwa dua tahun pelatihan musik mampu meningkatkan kemampuan otak untuk membedakan suku kata yang terdengar sama. (fny/jpnn)


AKTIF terlibat dalam kelas musik dapat membantu meningkatkan literasi (kemampuan untuk memahami, membaca dan menulis) anak. Dalam sebuah studi mengungkap,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News