Kelistrikan di Luar Jawa-Bali Belum Aman

Kelistrikan di Luar Jawa-Bali Belum Aman
Kelistrikan di Luar Jawa-Bali Belum Aman
JAKARTA - Sistem kelistrikan di luar Jawa-Bali baik untuk Indonesia Barat maupun Timur ternyata belum bisa dikategorikan aman. Pasalnya, di dua wilayah operasi tersebut kapasitas daya yang tersedia masih setara dengan kebutuhan pelanggan.

"Sistem kelistrikan Indonesia Barat dan Timur kondisinya memang kami rasa cukup, sehingga tidak ada pemadaman bergilir. Namun untuk jangka panjang kondisinya mengkhawatirkan, karena mayoritas kapasitas dayanya pas-pasan dengan kebutuhan pelanggan," ucap Dirut PLN Nur Pamudji saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VII di Gedung DPR, Kamis (1/12).

Untuk wilayah Operasi Indonesia Barat, jelas Pamudji, PLN membagi menjadi tiga region yakni Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Sumatera Bagian Selatan (Sumbsel) dan Kalimantan Barat. Menurut Pamudji, kondisi daya untuk region Sumbagut dan Sumbangsel masih pas-pasan. Sedangkan kebutuhan listrik untuk region Kalbar masih tercukupi dengan adanya cadangan.

Sedangkan sistem kelistrikan Indonesia Timur, secara memang umum mencukupi. Hanya saja ada beberapa daerah dengan ketersediaan daya yang tak jauh berbeda dengan kebutuhan pelanggan.

JAKARTA - Sistem kelistrikan di luar Jawa-Bali baik untuk Indonesia Barat maupun Timur ternyata belum bisa dikategorikan aman. Pasalnya, di dua wilayah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News