Keluarga Sutawi yang Langganan Juara Lomba Menulis Tingkat Nasional

Inspirasi dari Diskusi dengan Anak-Istri

Keluarga Sutawi yang Langganan Juara Lomba Menulis Tingkat Nasional
Keluarga Sutawi yang Langganan Juara Lomba Menulis Tingkat Nasional

jpnn.com - Keluarga Dr Ir Sutawi MP ini benar-benar kompak dalam urusan menulis. Selain sang kepala keluarga yang langganan juara menulis, Daroe Iswatiningsih, istrinya, dan putrinya, Eka Putri Perwita Suci, menyabet prestasi serupa.

Bambang Tri W, Malang

SEBAGAI sesama dosen, pasangan suami-istri yang tinggal di Jl Kanjuruhan IV, Kelurahan Tlogomas, Lowokwaru, ini sering berdiskusi. Dari diskusi kecil itu, ide-ide segar biasanya selalu muncul dan langsung dituangkan ke dalam tulisan yang berbentuk artikel.

Dulu, artikel tersebut hanya disimpan Sutawi di laptop. Namun, pada 1990-an, dia mulai berani mengirimkannya ke sejumlah media massa. Tulisan itu ternyata banyak yang dimuat.

Lantas, hal tersebut memacu semangatnya. "Awalnya memang gratul-gratul. Kalau mau diseriusi dan ditekuni, bisa menjadi tulisan yang bagus," kata dosen Fakultas Pertanian-Peternakan Universitas Muhammadiyah, Malang, itu.

Dengan mencari referensi dari buku serta media cetak, lulusan S1 Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta pada 1989 itu terus mengasah kemampuan menulisnya. Setiap ada waktu luang, dia selalu manfaatkannya untuk menuangkan ide.

Pada 2006, Sutawi mengikuti lomba LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) Keselamatan Transportasi Dephub yang informasinya didapat dari internet. Untuk kali pertama, dia menjadi juara pertama lomba menulis tingkat nasional itu.

"Awalnya coba-coba, eh akhirnya dapat juara kesatu. Saya coba lagi ikut LKTI studi Jepang dan meraih juara kedua pada tahun yang sama," kata lulusan S2 UGM jurusan ekonomi pertanian 1992 tersebut.

Keluarga Dr Ir Sutawi MP ini benar-benar kompak dalam urusan menulis. Selain sang kepala keluarga yang langganan juara menulis, Daroe Iswatiningsih,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News