Kemdikbud Dorong Pemda Serius Ikut Kompetisi Sains Tingkat Nasional

Kemdikbud Dorong Pemda Serius Ikut Kompetisi Sains Tingkat Nasional
Kemdikbud Dorong Pemda Serius Ikut Kompetisi Sains Tingkat Nasional

jpnn.com - JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berharap adanya sinergi yang baik antara pemerintah daerah dengan pelaku pendidikan, untuk memupuk rasa cinta para peserta didik terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) melalui penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Sebagai bentuk sinergi, menurut Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemendikbud Achmad Jazidie, penyelenggaraan OSN harus terencana dengan baik.

Olimpiade Sains Internasional (OSN) merupakan ajang kompetisi bidang iptek bagi peserta didik jenjang SD sampai SMA, SMK, dan sederajat.

"Kecintaan peserta didik akan iptek dapat ditingkatkan melalui kompetisi atau olimpiade. Dengan OSN diharapkan dapat menstimulus para peserta didik di setiap daerah di Indonesia untuk mencapai penguasaan iptek," kata Achmad dalam keterangan persnya, Rabu (20/5).

Kemdikbud, lanjutnya, mendorong pemda untuk lebih serius menyelenggarakan kompetisi sains dan teknologi di tingkat nasional. Sinergi dengan pemda telah dilakukan pada proses seleksi berjenjang bagi peserta OSN. Proses ini dimulai lingkup sekolah, kecamatan, kabupaten, dan provinsi.

"Kami berharap pemda dapat melakukan pembinaan iptek secara lokal. Seperti di Yogya, ada klinik sains, di situ para alumni juara kompetisi membina adik-adik peserta didik untuk mencintai dan minat terhadap iptek," tuturnya. (esy/jpnn)


JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berharap adanya sinergi yang baik antara pemerintah daerah dengan pelaku pendidikan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News