Kemdikbud Gelar Lomba Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Kemdikbud Gelar Lomba Berhadiah Ratusan Juta Rupiah
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas) Kemdikbud, Harris Iskandar saat diskusi dalam rangka memperingati Hari Perempuan di Jakarta, Rabu (8/3). FOTO: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Direktorat Pendidikan Keluarga, mengadakan Lomba Jurnalistik berhadiah total Rp 226 juta. Tema yang dilombakan adalah ‘Penguatan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak’.

”Lomba Jurnalistik ini dimaksudkan untuk mengajak keterlibatan masyarakat dalam memberikan gagasan inspiratif tentang penguatan pendidikan keluarga,” kata staf khusus Mendikbud, Nasrullah dalam siaran pers yang diterima, di Jakarta, Senin (14/3).

Menurut Nasrullah, lomba diperuntukkan bagi masyarakat umum yang terbagi menjadi 3 kategori. Yaitu feature, opini, dan berita. Hanya saja, lomba tidak boleh diikuti oleh PNS Kemendikbud.

Untuk dapat mengikuti lomba, tambah Nasrullah, para peserta harus mengikuti beberapa ketentuan umum. Di antaranya tulisan asli (bukan plagiat), aktual, bernilai, inovatif dan bermanfaat. Kemudian, tulisan belum pernah atau sedang diikutsertakan dalam lomba atau kompetisi media jurnalistik lain.

Tulisan yang dilombakan juga bisa diterbitkan di media massa baik di media cetak (koran, tabloid, majalah) serta media online (portal berita yang direkomendasikan oleh dewan pers) dalam periode 6 Februari sampai dengan 19 Juli 2017. “Khusus untuk feature, panjang tulisan maksimal adalah 1.200 kata,” jelas Nasrullah.

“Total hadiah yang telah disiapkan oleh pihak panitia mencapai Rp 226 Juta untuk tiga kategori yang diperlombakan.”

Untuk kategori Feature dan Opini, Panitia menyiapkan hadiah masing-masing Rp 15 juta untuk Pemenang I, Rp 12 Juta untuk pemenang II, serta Rp 10 juta untuk pemenang II. “Selain itu, juga Rp 5 juta untuk 10 pemenang harapan untuk 2 kategori itu,” terang Nasrullah.

Sementara untuk kategori Berita, hadiah yang disiapkan adalah Rp 10 juta untuk Pemenang I, Rp 8 juta untuk pemenang II, Rp 6 juta untuk pemenang III serta 7 pemenang harapan yang masing-masing mendapatkan Rp 4 juta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Direktorat Pendidikan Keluarga,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News