Kemenag Perketat Ujian Masuk PTKIN, Peserta Dipantau Kamera Mode On

Kemenag Perketat Ujian Masuk PTKIN, Peserta Dipantau Kamera Mode On
Kementerian Agama RI. Foto: Twitter @Kemenag_RI

jpnn.com, JAKARTA - Pendaftaran ujian masuk perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) akan ditutup 9 Mei 2021.

UM-PTKIN adalah seleksi nasional yang melibatkan seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem terpadu.

Ujian ini diselenggarakan serentak oleh panitia pelaksana yang sudah ditetapkan oleh Menteri Agama.

Ketua SPAN UM-PTKIN Mahmud yang juga Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengungkapkan, tes UM-PTKIN 2021 akan dilakukan dengan sistem seleksi elektronik (SSE) berbasis android.

"Ujian tulis dengan SSE secara daring jadwalnya 24 Mei hingga 2 Juni 2021. Tahun ini, terdapat ujian baca tulis Al-Qur'an yang juga telah masuk dalam SSE," tutur Mahmud, Kamis (6/5).

Dia menjelaskan ujian baca tulis Al-Qur'an melalui aplikasi tersebut dipastikan user friendly sehingga mudah digunakan oleh para peserta yang merupakan generasi Z.

Mahmud berharap skema tersebut memberikan penguatan baca tulis Al-Qur'an dan moderasi bagi para calon mahasiswa baru. Aplikasi yang digunakan bisa di download di playstore.

"Aplikasi ini sangat mudah. Selain user friendly, aplikasi tersebut juga mampu mendeteksi kecurangan peserta dengan kamera peserta yang mode-on sehingga bisa dipantau pengawas," jelasnya.

pelaksanaan ujian masuk perguruan tinggi keagamaan Islam negeri lebih diperketat Kemenag salah satunya penggunaan kamera mode on yang bisa dipantau pengawas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News