Kemendagri Berencana Meresmikan 3 DOB Papua Sekaligus

Kemendagri Berencana Meresmikan 3 DOB Papua Sekaligus
Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo menjelaskan tentang rencana peresmian tiga DOB. Foto: Dea Hardianingsih/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mempersiapkan peresmian dan pelantikan penjabat (pj) gubernur tiga daerah otonomi baru (DOB) di Papua.

Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo mengatakan kegiatan tersebut masih dirumuskan sebelum disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Kemudian, tim kami meminta bagaimana Bapak Presiden hadir, katakalah di Merauke. Merauke dipusatkan menjadi tempat peresmian tiga DOB yang baru sekaligus pelantikan pj dipusatkan di sana," kata Wempi di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (2/8).

Dengan begitu, gaung peresmian DOB bisa sesuai dengan tujuan pemekaran pada Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2021 tentang revisi UU Otonomi Daerah.

"Kehadiran DOB ini untuk mengangkat derajat dan harkat martabat orang Papua," lanjut Wempi.

Dia menjelaskan penetapan Pj. Gubernur tiga DOB rencananya ditentukan enam bulan sejak ditetapkan UU tentang DOB.

"Kami harapkan ini bisa lebih cepat sehingga kami ada masa transisi, bentuk APBD mini untuk mengantarkan waktu dari hari ini sampai Desember. Nanti, pj yang menyusun APBD induk untuk 2023," pungkas Wempi.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan tiga DOB di wilayah Papua, yaitu Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan. (mcr9/jpnn)

Kemendagri menyusun rencana peresmian dan pelantikan penjabat gubernur tiga DOB di Papua bersamaan dengan peresmian pemekaran.


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News