Kemendagri Lahirkan Program Terobosan SIAK Terpusat, Begini Manfaatnya

Kemendagri Lahirkan Program Terobosan SIAK Terpusat, Begini Manfaatnya
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh berfoto bersama jajarannya pada Rakornas Kependudukan dan Catatan Sipil 2022, di Nusa Dua, Bali, Kamis (10/2/2022). Foto: Humas Kemendagri.

jpnn.com, NUSA DUA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membuat terobosan dengan melahirkan progam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat dengan konsep digitalisasi.

SIAK Terpusat rencananya akan terpasang di 514 kebupaten/kota di Indonesia.

Sistem ini diharapkan bisa menjangkau warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri dan pelayanan lintas kabupaten/kota supaya lebih mudah dan cepat.

Menurut Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, SIAK Terpusat merupakan terobosan untuk melaksanakan arahan Mendagri Tito Karnavian terkait pelayanan adminduk.

“SIAK terpusat, itu akan kami kerjakan terus. Tahun ini kami install di 514 (kabupaten/kota), semuanya."

"Ada delapan pada 2020, 50 pada 2021 sisanya pada 2022,” ujar Zudan pada penutupan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Dukcapil 2022 di Nusa Dua, Bali, Kamis (10/2).

Zudan meminta jajarannya di daerah melakukan jemput bola untuk administrasi data kependudukan warga agar lebih akurat dan komprehensif.

“Kemudian, peningkatan kualitas pelayanan dan integrasi data itu, tiga pekerjaaan besar di luar pemberian identitas yang terus dilakukan,” katanya.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melahirkan program terobosan SIAK Terpusat, begini manfaatnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News