Kemendes PDTT Terus Kembangkan Potensi BUMDes

Kemendes PDTT Terus Kembangkan Potensi BUMDes
Peluncuran Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) Pertanian Padi dan BUMDes Jawara. Foto: Kemendes PDTT

jpnn.com, SUBANG - Kabupaten Subang memiliki banyak sekali potensi sumber daya alam untuk produk unggulan yang belum tergarap.

Melihat hal tersebut, Direktorat Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus menggali potensi yang ada sekaligus mengembangkan badan usaha milik desa (BUMDes) yang menjadi penggerak ekonomi desa.

Berbagai stimulus diberikan Kemendes PDTT. Salah satunya dengan memberikan berbagai bantuan usaha juga kredit usaha rakyat (KUR) dengan menggandeng BNI 46.

Bersamaan dengan program seratus hari Bupati Subang H Ruhimat, Senin (25/3), dilaksanakan peluncuran Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) Pertanian Padi dan BUMDes Jawara.

Jawara merupakan program yang digaungkan Bupati Subang yang merupakan kependekan dari Jaya, Istimewa, Sejahtera.

“BUMDes Jawara merupakan pengejawantahan dari beragam potensi yang dimiliki Kabupaten Subang,” kata Ruhimat dalam peluncuran di lapangan Kepala Desa Balingbing, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Senin (25/3).

Menurutnya, Prukades pertanian diangkat karena untuk sementara produk ini yang menjadi unggulan di daerah Subang.

Namun, dia berjanji ke depan akan terus menggali potensi prukades lain yang sesuai dengan karakteristik di setiap kawasan di Subang. Sebab, Subang memiliki lingkungan dari pantai hingga pegunungan.

Kabupaten Subang memiliki banyak sekali potensi sumber daya alam untuk produk unggulan yang belum tergarap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News