Kemendikbud Ajak Seluruh Siswa Tonton Konser Virtual Gita Bahana Nusantara

Kemendikbud Ajak Seluruh Siswa Tonton Konser Virtual Gita Bahana Nusantara
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid. Foto Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Jelang perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan melakukan pembinaan terhadap generasi muda berbakat dari seluruh provinsi di Indonesia.

Salah satunya turut menjadi bagian dari pergelaran orkestra dan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara (GBN) dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka-Jakarta.

Namun, untuk HUT RI tahun ini para peserta GBN tidak bisa tampil seperti biasanya menghibur rakyat Indonesia dan tampil di Istana secara langsung.

Lantaran hingga saat ini penyebaran virus corona (COVID-19) belum usai serta adanya pembatasan kegiatan upacara kenegaraan di Istana.

"Karena situasi pandemi saat ini, paduan suara dan orkestra GBN yang sudah menjadi rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan tidak bisa tampil secara langsung di Istana. Namun akan tampil secara vitual dengan dikemas bertajuk Konser GBN tanggal 16-17 Agustus malam di Metro TV," jelas Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid di Jakarta, Kamis (13/8).

Hilmar menjelaskan, kehadiran putra putri terbaik perwakilan dari pelosok negeri tersebut, salah satu pembuktian untuk menjaga semangat patriotisme dan nasionalisme generasi muda khususnya dalam menyemarakkan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

GBN bagi generasi muda menjadi wadah untuk menyalurkan bakat dan potensi kreativitas generasi muda. Khususnya dalam bidang olah vokal dan seni musik, yang pada akhirnya mampu menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme, menghargai keberagaman, dan menguatnya jati diri dan karakter bangsa.

"Banyak pembelajaran dari tayangan tersebut salah satunya menunjukkan kepribadian bangsa,. Kami mengajak seluruh siswa menyaksikan penampilan GBN," ucapnya.

Kemendikbud siap menggelar konser virtual Gita Bahana Nusantara dalam peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News