Kemendikbud Akan Luncurkan Enam Buku Literasi Dasar

Kemendikbud Akan Luncurkan Enam Buku Literasi Dasar
Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Dadang Sunendar (kanan). Foto: Dok. Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan meluncurkan enam buku literasi dasar pada 28 Oktober yang merupakan puncak Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2017. Dalam acara tersebut akan dilakukan pencanangan Gerakan Literasi Nasional (GLN).

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Dadang Sunendar mengatakan, literasi dianggap sebagai keaksaraan, berbagai atau rangkaian kemampuan dalam hal membaca, menulis, berbicara, serta berhitung dan lain-lainnya, yang diperoleh melalui tripusat yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.

Negara-negara yang mengikuti forum di Swiss tahun 2015, menyepakati apa yang disebut dengan literasi dasar. Literasi dasar terdiri dari literasi baca tulis, literasi numerik, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi kewargaan.

“Literasi dasar adalah kemampuan dasar bagi setiap bangsa dan masyarakat untuk bertahan hidup Ini merupakan literasi dasar agar sebuah masyarakat bisa bersaing dan sejajar dengan negara lainnya,” ujar Dadang, Jumat (27/10).

Dadang menambahkan, makna literasi memang berkembang secara pesat dari definisi tersebut. Jadi, literasi bisa dikatakan sebagai sebuah aktivitas sosial yang penerapannya sangat dipengaruhi oleh informasi dalam hal apapun.

Kemendikbud sejak tahun lalu telah menetapkan GLN. Dadang berharap masyarakat semakin gemar membaca dan menulis karena di antara enam literasi dasar, kemampuan membaca dan menulis tetap menjadi gerbang utama.

“Jadi, mulailah membaca dan menulis, karena dengan menguasai hal itu dan literasi dasar lainnya masyarakat dapat memilah informasi yang baik,” pungkasnya.(esy/jpnn)


Literasi dasar terdiri dari literasi baca tulis, literasi numerik, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi kewargaan.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News