Kemendikbud Belum Pastikan Terjadi Kebocoran Soal Ujian

Terbongkarnya Kasus Jualan Kunci Jawaban Unas SMP di Surabaya

Kemendikbud Belum Pastikan Terjadi Kebocoran Soal Ujian
Kemendikbud Belum Pastikan Terjadi Kebocoran Soal Ujian
JAKARTA - Kasus pelanggaran ujian nasional (unas) dua tahun terakhir terus menggerkan Surabaya. Kasus terbaru soal terbongkarnya sindikat jual beli kunci jawaban unas jenjang SMP/sederajat. Jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berjanji menelusuri dugaan pelanggaran ini mengarah pada kebocoran naskah soal ujian.

 

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud Haryono Umar ketika dihubungi, Selasa (22/5) kaget mengengar kabar ini. "Kenapa baru dibongkar sekarang," tanya dia. Haryono berjanji hari ini akan menurunkan tim khusus ke Surabaya untuk meneluri kasus yang ditangani jajaran Polrestabes Surabaya ini.

 

Penulusuran tim dari Itjen Kemendikbud ini diantaranya akan memastikan pihak-pihak yang terkait. Haryono mengatakan, dalam kasus ini beban sejatinya tidak hanya ditanggung Kemendikbud. Tetapi juga Kementerian Agama (Kemenag). Sebab ada sekolah-sekolah di lingkungan Kemenag yang terlibat dalam kasus ini.

 

Haryono yang mantan pimpinan KPK itu mengatakan, penulusuran langsung ke Surabaya akan dilakukan untuk mengorek beberapa informasi. Diantara yang paling utama adalah, kasus jual beli kunci jawaban ini apakah berawal dari kebocoran naskah soal ujian.

 

JAKARTA - Kasus pelanggaran ujian nasional (unas) dua tahun terakhir terus menggerkan Surabaya. Kasus terbaru soal terbongkarnya sindikat jual beli

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News