Kemendikbud, Cargill dan WFP Luncurkan ProGAS di Gresik

Kemendikbud, Cargill dan WFP Luncurkan ProGAS di Gresik
Diversifikasi pangan lokal bergizi seimbang dan aman. Foto: Humas BKP Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Pencanangan Program Gizi Anak Sekolah (ProGAS) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Cargill dan World Food Programme (WFP) telah dilaksanakan di Kabupaten Gresik pada hari Senin, 21 Oktober 2019 dan sebagai sekolah sasaran adalah Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatun Ulama (MINU) Banat Manyar Sidorukun.

Dalam Acara Pencanangan ini rencananya dihadiri oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian dan Kebudayaan RI dan Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KSKKM) Kementerian Agama RI namun keduanya berhalangan hadir karena tugas yang tidak bisa ditinggalkan.

Dalam sambutannya oleh Wold Food Programme (WFP) dalam hal ini diwakili oleh Ibu Niken telah menjelaskan bahwa WFP adalah sebagai mitra utama dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ProGAS yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan didukung secara teknis oleh WFP yang bertujuan untuk menciptakan program makanan sekolah rumahan untuk mengatasi masalah gizi dan kebersihan yang lazim ditemukan di kalangan siswa sekolah dasar dari keluarga kurang mampu.

Perwakilan Cargill Cocoa and chocolate gresik, Agung Ektika mengatakan saat acara peresmian bahwa kegiatan pemberian makanan bergizi sudah dilakukan di beberapa daerah Cargill bersama dengan WFP telah membantu lebih dari 100.000 siswa di seluruh Indonesia dan pada Tahun 2019 dilaksanakan di 39 Kabupaten dan di Jawa Timur diselenggarakan di Kabupaten Gresik dan Pasuruan.

Hadir pula dalam pencanangan ini Kepala Kemenag Kabupaten Gresik, Kemenag Provinsi Jawa Timur, Bappeda Gresik, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Gresik, Dinas Kesehatan Kab. Gresik, Dinas Pendidikan Kab. Gresik, Badan Pemberdayaan Masyarakat Kab. Gresik, Dinas Kesehatan Kab. Gresik, Puskesmas Manyar, Jajaran Muspika Kec. Manyar, Kepala Desa Manyar Tiga (Manyar Sidorukun, Sidomukti dan Manyarejo) serta para tokoh masyarakat dan wali murid.

Pada pencanangan ini diakhiri dengan acara Penandatanganan Komitmen Pemerintah Daerah oleh Bapak Wakil Bupati Gresik Dr. H. MOH. QOSIM, M.Si. dengan Pelepasan Balon dan Burung Merpati.

Semoga dengan adanya program ini bisa memanfaatkan bahan-bahan lokal untuk memenuhi kebutuhan gizi anak sekolahnya sehingga dapat meningkatkan gizi, kesehatan, dan kapasitas anak-anak sekolah.

Pencanangan Program Gizi Anak Sekolah (ProGAS) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Cargill dan World Food Programme (WFP) telah dilaksanakan di Kabupaten Gresik


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News