Kemendikbud Telusuri Jejak Digital Penyebar Soal UN

Kemendikbud Telusuri Jejak Digital Penyebar Soal UN
Mendikbud Muhadjir Effendy (kanan) dan Irjen Kemendikbud Daryanto. Foto: Mesya Mohammad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbud sudah menelusuri jejak digital penyebar soal ujian nasional (UN) di media sosial Line. Kemendikbud optimis bisa memgungkap aksi curang tersebut.

Sebelumnya beredar soal ujian nasional SMA di media sosial Line. Pelaku secara sengaja memfoto soal yang tertera di komputer. Tujuannya untuk meminta bantuan.

Irjen Kemendikbud Daryanto mengatakan jika aksi yang diduga dilakukan oleh siswa peserta UNBK itu merupakan kecurangan. ”Bukan kebocoran,” katanya seperti diberitakan Jawa Pos.

Lebih lanjut Daryanto mengatakan jika tim investigasi sedang bekerja untuk menelusuri jejak digital pelaku. “Insya Allah segera terungkap pelakunya,” imbuhnya.

Daryanto mengungkapkan temuan sementara pelakunya hanya satu orang. Seolah banyak disebabkan data yang berupa foto screen tersebut tersebar di sosial media Line. “Siswa yang lain kami himbau tetap tenang, sehingga kasus ini segera tertangani dengan tuntas,” tuturnya.

Lalu apa rencana Kemendikbud setelah pelaku diketahui identitasnya? Menurut Daryanto, pihaknya akan membawa kasus ini secara serius. “Kita serahkan ke aparat penegak hukum, karena beliau lebih paham menangani hal2seperti ini,” jelasnya. (lyn/wan)


Kemendikbud optimistis bisa segera menemukan pelaku penyebar soal Ujian Nasional (UN) di media sosial Line.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News