Kemendikbudristek Buka Magang di Industri untuk Instruktur Barista dan Otomotif 2024

Kemendikbudristek Buka Magang di Industri untuk Instruktur Barista dan Otomotif 2024
Instruktur lembaga kursus dan pelatihan (LKP) menjadi pilar penting dalam menghadirkan peserta didik yang kompeten sesuai standar industri. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka magang di industri bagi Instruktur LKP barista serta otomotif sepeda motor. 

Direktur Kursus dan Pelatihan, Nahdiana, menegaskan perlunya instruktur LKP melakukan pengembangan keterampilan, khususnya untuk bidang barista dan otomotif.

Pembelajaran di LKP harus disesuaikan dengan dunia usaha, industri, dan dunia kerja (Dudika). 

"Program ini menjadi wujud percepatan transformasi penguatan mutu instruktur LKP sehingga berdampak pada pembelajaran peserta didik,” terang Direktur Nahdiana, di Jakarta, Selasa (7/5). 

Dia menegaskan sudah saatnya kursus dan pelatihan menjadi pilihan utama masyarakat. Dengan mengikuti kursus, peserta bisa mengakomodasi perubahan-perubahan yang cepat di berbagai bidang keterampilan sesuai perkembangan zaman. 

"Di sinilah peran kita untuk peningkatan kualitas SDM secara cepat karena bidang keterampilan otomotif maupun barista sangat dinamis," terang Direktur Nahdiana  

Ini merupakan kelanjutan program Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (PPKSDM) yang sebelumnya program kerja Pengembangan Kelembagaan (Pokja PK) di 2020 – 2021. Lalu, menjadi program Magang Instruktur pada Tahun 2022. 

Sesuai dengan tujuannya, program ini berfokus pada peningkatan kompetensi secara keseluruhan, mulai dari penguatan karakter dan tata kerja industri sebagai soft skills sampai penguatan praktik kerja di industri, serta metode pembelajaran sebagai hard skills.

Kemendikbudristek membuka magang di industri untuk instruktur barista dan otomotif 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News