Kemendikbudristek Dukung Penuh Film Biopik Ki Hadjar Dewantara

Kemendikbudristek Dukung Penuh Film Biopik Ki Hadjar Dewantara
Kemendikbudristek mendukung penuh film berjudul Ki Hadjar Dewantara mulai dari riset maupun pengembangan cerita. Foto: Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Rumah produksi sinema Wahana Kreator yang menyadari jasa Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan Indonesia dan menginisiasi produksi film berjudul Ki Hadjar Dewantara. 

Film itu direncanakan rampung dan tayang bertepatan peringatan Hardiknas 2026 sebagai penghormatan atas warisan konsep dan gagasan pemajuan pendidikan yang ditinggal oleh Ki Hadjar Dewantara.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendukung penuh film berjudul Ki Hadjar Dewantara mulai dari riset maupun pengembangan cerita. 

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, mengungkapkan Kemendikbudristek sangat mendukung inisiatif rumah produksi sinema Wahana Kreator menginisiasi produksi film berjudul Ki Hadjar Dewantara. 

Hilmar menambahkan, berbagai kebijakan Merdeka Belajar yang diusung Kemendikbudristek, kini sudah menjadi gerakan di seluruh Indonesia, berakar dari semangat dan cita-cita Ki Hajar Dewantara.

“Sebagai generasi penerus bangsa, semangat Ki Hadjar Dewantara dalam dunia pendidikan patut kita pegang teguh dan ditanamkan kepada setiap generasi, salah satu caranya adalah melalui film sebagai medium pemajuan kebudayaan," ucap Hilmar, Senin (6/5).

Hilmar menuturkan film Ki Hadjar Dewantara diharapkan dapat menjadi refleksi serta membuka ruang diskusi mengenai pendidikan. 

“Ini juga dapat menjadi salah satu cara yang baik dalam menggelorakan semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berbudaya bagi seluruh pelajar dan masyarakat Indonesia,” kata Hilmar.

Kemendikbudristek mendukung penuh film berjudul Ki Hadjar Dewantara mulai dari riset maupun pengembangan cerita.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News