Kemendikbudristek Gelar Kontes KILA 2021, Pendaftaran sampai 23 Agustus

Sabtu, 24 Juli 2021 – 20:53 WIB
Kemendikbudristek Gelar Kontes KILA 2021, Pendaftaran sampai 23 Agustus
Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam peringatan HAN 2021. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan kontes Kita Cinta Lagu Anak (KILA) bertepatan pada Hari Anak Nasional 23 Juli 2021.

“KILA 2020 membuktikan bahwa anak-anak Indonesia tetap bisa kreatif meski dalam situasi pandemi melalui kegiatan positif yang menggembirakan,” ujar Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, Jumat (23/7).

Dia mengajak anak-anak Indonesia untuk tidak patah semangat dalam belajar di masa pandemi ini. Salah satunya dengan cara berpartisipasi dalam KILA 2021

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid menjelaskan, lagu anak Indonesia menjadi salah satu media untuk membantu anak-anak menjadi akrab dengan identitasnya, menumbuhkan rasa percaya diri, dan bangga sebagai anak Indonesia. 

“KILA merupakan upaya Kemendikbudristek untuk mengembalikan masa kanak-kanak agar berkembang secara wajar di masa pandemi serta memupuk jati diri dengan mengenal dan menyanyikan lagu anak berbahasa Indonesia,” jelas Hilmar.

Dari masa ke masa, lanjutnya, ajaran nilai-nilai budi pekerti luhur disisipkan oleh para pencipta lagu anak ke dalam lagu-lagu yang mereka ciptakan.

Selain itu, ajaran tentang cinta kasih pada keluarga dan sesama, alam Indonesia, kehidupan flora dan fauna. Bahkan tentang adat dan budaya, seperti yang dimuat dalam lirik lagu Dolanan.

Nilai-nilai tersebut adalah prinsip dasar yang diperlukan seorang anak untuk mengenal identitas diri sebagai anak Indonesia. 

SPONSORED CONTENT

loading...