Kemendikbudristek Luncurkan PKN 2021, Ada Shine of Black dan Alffy Rev

Kemendikbudristek Luncurkan PKN 2021, Ada Shine of Black dan Alffy Rev
Peluncuran PKN 2021 secara daring malam ini. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbudristek akan kembali menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN).

Mengusung tema “Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan,” PKN 2021 berusaha mengajak masyarakat untuk kembali mengenali jati diri dan khazanah budaya bangsa sebagai suatu aset dan mengadaptasinya dengan cara hidup kekinian.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid mengatakan tema ini dimaksudkan untuk menjawab problem utama hari ini adalah gaya hidup.

"Pola konsumsi kita yang dirasa berlebihan ikut membentuk pola produksi yang tidak berkelanjutan," kata Dirjen Hilmar pada peluncuran PKN 2021 secara daring, Senin (25/10).

Dia menjelaskan penyelenggaraan PKN 2021 akan menitikberatkan kepada kearifan-kearifan lokal sebagai akar dari ketahanan budaya.

Tahun ini program-program PKN 2021 disusun berdasarkan pada sandang, pangan, dan papan.

Pemilihan tema dan tujuan penyelangaraan PKN dilakukan setelah sebelumnya diselenggarakan forum-forum diskusi terpumpun yang melibatkan pakar-pakar di bidangnya seperti: Samuel Wattimena (sektor Sandang), Helianti Hilman (sektor Pangan), dan Gregorius Antar Awal (sektor Papan). 

"Sektor-sektor tersebut nantinya akan menjadi landasan dari penyelenggaraan program-program utama PKN, yakni kompetisi, konferensi dan lokakarya, pameran, pergelaran, dan juga pekan kebudayaan daerah sebagai wadah interaksi budaya dari desa hingga ke pusat," papar Dirjen Hilmar.

Kemendikbudristek resmi meluncurkan PKN 2021 dengan menampilkan deretan musisi lokal favorit Diskoria, Jason Ranti, Shine of Black dan juga Alffy Rev