Kemendikbudristek Mengajak Penghayat Kepercayaan Melestarikan Budaya Spiritual Kawasan Candi Borobudur

Kemendikbudristek Mengajak Penghayat Kepercayaan Melestarikan Budaya Spiritual Kawasan Candi Borobudur
Kemendikbudristek mengajak para penghayat kepercayaan untuk melestarikan nilai-nilai budaya spiritual di sekitar Candi Borobudur. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, MAGELANG - Kemendikbudristek mengajak para penghayat kepercayaan untuk merawat nilai-nilai budaya spiritual masyarakat. Kali ini menyasar organisasi Kepercayaan Palang Putih Urip Nusantara Kejawen Urip Sejati di sekitar wilayah Candi Borobudur tepatnya Desa Giritengah, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Direktur Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat Kemendikbudristek Sjamsul Hadi kegiatan ini bertujuan menguatkan peran lembaga Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Penghayat Kepercayaan merupakan bagian integral yang memberi warna dalam kehidupan Indonesia, yang dikenal sebagai bangsa yang majemuk," kata Sjamsul, Rabu (10/11).

Dia menambahkan, dinamika sosial yang terjadi hingga saat ini tidak menurunkan semangat para penghayat kepercayaan untuk terus menjaga dan memelihara amanah dari leluhur. Dalam suatu organisasi, tata kelola yang baik menjadi hal penting supaya tetap berkiprah dan memberikan manfaat. 

"Sisi tata kelola akan menjadi fokus dari kegiatan ini. Peran aktif peserta akan menjadi strategi untuk makin menguatkan organisasi kepercayaan," ucap Sjamsul.

Lebih lanjut dikatakan, Kemendikbudristek mendukung aktivitas-aktivitas yang dilakukan Palang Putih Nusantara Kejawen Urip Sejati. Ini bentuk perhatian pemerintah kepada penghayat kepercayaan, supaya tetap lestari, berdampingan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

"Sebagai organisasi yang berbasis pada nilai-nilai kebaikan yang bersumber dari ajaran leluhur, Penghayat Kepercayaan bisa berperan dalam pelestarian dan pengembangan budaya spiritual di kawasan Candi Borobudur," pungkas Sjamsul Hadi. (esy/jpnn)

 

Kemendikbudristek mengajak para penghayat kepercayaan untuk melestarikan nilai-nilai budaya spiritual di sekitar Candi Borobudur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News