Kemenhub Hadirkan 2 Kapal Roro 500 GT untuk Sulsel dan Sultra

Kemenhub Hadirkan 2 Kapal Roro 500 GT untuk Sulsel dan Sultra
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi melakukan peletakan lunas (Keel laying) Roro 500 GT di Galangan Kapal PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (4/11) siang. Foto: Humas Kemenhub

jpnn.com, MAKASSAR - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi hadir di Galangan Kapal PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (4/11) siang, untuk melakukan peletakan lunas (Keel laying) Roro 500 GT lintas Kaledupa- Tomia- Binongko, Sulawesi Tenggara serta Peluncuran KMP Takabonerate untuk Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya atas nama Pimpinan Kementerian Perhubungan menyampaikan ucapan selamat kepada Direksi dan segenap karyawan PT. Industri Kapal Indonesia (IKI) yang telah mendapatkan kepercayaan pemerintah untuk melaksanakan pembangunan 1 Unit Kapal Penyeberangan Penumpang Roro 500 GT Lintas Kaledupa – Tomia –Binongko yang pada kesempatan sebelumnya juga dipercaya untuk melaksanakan pembangunan 1 unit Kapal Penyeberangan Penumpang Ro-Ro 500 GT Kabupaten Selayar KMP. Takabonerate,” ujar Dirjen Budi.

KMP Takabonerate ini senilai Rp34,5 Miliar dengan kapasitas penumpang 265 orang dan ABK 18 orang. Spesifikasi KMP Takabonerate ini yaitu panjang seluruh 46,80 meter, lebar 12 meter, tinggi 3,70 meter dengan kecepatan dinas 13 knot.

Sementara Kapal Ro-Ro 500 GT yang sedang dibuat untuk lintas Kaledupa- Tomia- Binongko bernilai kontrak Rp39,3 Miliar. Mampu mengangkut 265 orang penumpang dan 18 ABK. Dengan spesifikasi panjang seluruh 46,80 meter, lebar 12 meter, tinggi 3,7 meter, dan kecepatan dinas 13 knot.

“Sekarang ini Bapak Menteri Perhubungan mendapat amanat dari Bapak Presiden untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sehingga saat ini kami membangun banyak dermaga. Selain dermaga kami juga membangun beberapa kapal, saya bersyukur karena tahun depan kami akan berhemat lagi tidak membangun kapal karena kami akan beralih ke Buy The Service,” kata Dirjen Budi.

“Saat ini juga kami sudah menghadirkan Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP) sehingga dengan terbangunnya Direktorat TSDP kami cukup masif membangun dermaga sungai dan danau. Kami akan konsentrasi untuk penyeberangan sungai di danau ini,” kata Budi lagi.

Sementara itu menyambut pernyataan Dirjen Budi, Diana Rosa selaku Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (Persero) menyatakan sebuah kebanggaan bagi PT IKI untuk diberi kepercayaan membangun 1 unit kapal Ro-Ro 500 GT KMP Takabonerate untuk Kepulauan Selayar.

“Meski sempat mengalami hambatan, namun dengan perjuangan gigih dan kepercayaan kembali kami dapat menyelesaikan pekerjaan ini dengan teamwork yang solid. Tepat 23 Desember 2020 kita akan delivery kapal ini sehingga sesuai target. Kepercayaan berikutnya yang tak kalah membanggakannya yaitu kami akan membangun 1 kapal lagi yaitu Wakatobi,” katanya.

Kementerian Perhubungan menyampaikan ucapan selamat kepada Direksi dan segenap karyawan PT. Industri Kapal Indonesia (IKI) yang telah mendapatkan kepercayaan pemerintah untuk melaksanakan pembangunan 1 Unit Kapal Penyeberangan Penumpang Roro 500 GT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News