Kemenhub Ingin Pindahkan 6 Kapal dan 2 Lintasan dari Pelabuhan Ketapang ke Jangkar

Kemenhub Ingin Pindahkan 6 Kapal dan 2 Lintasan dari Pelabuhan Ketapang ke Jangkar
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat melakukan tinjauan ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur pada Minggu (6/2). Foto: Kemenhub

jpnn.com, SITUBONDO - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan berencana memindahkan sebanyak 6 kapal dan 2 lintasan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat melakukan tinjauan ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur pada Minggu (6/2).

Dirjen Budi mengungkapkan, berdasarkan hasil rapat antara Menteri Perhubungan dengan Gubernur Jawa Timur, Bupati Situbondo, dan Forkopimda Provinsi Jawa Timur akan dilakukan pemanfaatan Pelabuhan Jangkar sebagai salah satu transportasi untuk melayani masyarakat yang ingin menuju Lembar dan Kupang.

Menurut dia adanya pemindahan tersebut tentu akan menimbulkan dampak positif dan negatif.

Namun, pemerintah terus berupaya meningkatkan dari berbagai aspek termasuk keamanan saat penumpang menunggu, dan kenyamanan.

“Kami mendukung Pemda untuk memindahkan lintasan tersebut melihat sisi positifnya juga, yaitu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Situbondo dan sekitarnya, menghemat waktu perjalanan selama 2 jam, termasuk biaya yang harus dikeluarkan saat perjalanan,” tegas Dirjen Budi.

Sementara itu, Dirjen Budi juga telah mengimbau kepada Pemda untuk memperhatikan akses jalan keluar dari Pelabuhan Jangkar.

“Secara teknis maupun kondisi eksisting, Pelabuhan Jangkar ini sudah cukup bagus, pemerintah daerah juga akan menambah Buffer Zone,” jelas Dirjen Budi.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan akan memindahkan sebanyak 6 kapal dan 2 lintasan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News