Kemenkes Beberkan Perhitungan Kapasitas Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19, Sebegini Jumlahnya...

Kemenkes Beberkan Perhitungan Kapasitas Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19, Sebegini Jumlahnya...
Kapasitas rumah sakit yang bisa menangani pasien Covid-19 di Indonesia bakal bertambah menjadi 85 ribu tempat tidur. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kapasitas rumah sakit yang bisa menangani pasien Covid-19 di Indonesia bakal bertambah menjadi 85 ribu tempat tidur. Catatan per Jumat (25/6), kapasitas tempat tidur hanya tercatat 70 ribu.

Hal itu seperti disampaikan Sekjen Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dr. Lia G Partakusuma saat diskusi daring yang disiarkan BNPB Indonesia di YouTube, Jumat.

"Perhitungan tempat tidur yang direncanakan oleh Kemenkes mencapai 85 ribu," kata Lia.

Menurut Lia, tiga rumah sakit saat ini sudah dialihkan menangani pasien Covid-19 yaitu RS Sulianti Saroso, RS Persahabatan, dan RS Fatmawati.

Bertambahnya kapasitas ini setelah muncul instruksi dari Kemenkes agar setiap rumah sakit memberikan ruang tambahan menangani pasien Covid-19.

"Kemarin dari Kemenkes sudah meminta kami menambah kapasitas dan ditambah dengan tiga rumah sakit yang didedikasikan untuk Covid-19," beber dia.

Menurut dia, pertambahan kapasitas menjadi 85 ribu baru terjadi pada Juli 2021. Di sisi lain, angka keterisian tempat tidur atau bed occupacy rate di rumah sakit Indonesia saat ini sudah mencapai 65 persen.

Dia pun berharap, kapasitas rumah sakit sebelum penembahan bisa menampung pasien aktif Covid-19 yang terus bertambah pesat.

Kapasitas rumah sakit yang bisa menangani pasien Covid-19 di Indonesia bakal bertambah menjadi 85 ribu tempat tidur. Catatan per Jumat (25/6), kapasitas tempat tidur hanya tercatat 70 ribu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News