Kemenkes Gandeng Kedutaan Swedia-AstraZeneca Perkuat Pelayanan & Sistem Kesehatan di Indonesia

Kemenkes Gandeng Kedutaan Swedia-AstraZeneca Perkuat Pelayanan & Sistem Kesehatan di Indonesia
Kementerian Kesehatan, Kedutaan Swedia dan AstraZeneca saat meluncurkan Sweden-Indonesia Sustainability Partnership (SISP) Healthcare. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan, Kedutaan Swedia dan AstraZeneca meluncurkan Sweden-Indonesia Sustainability Partnership (SISP) Healthcare.

SISP Healthcare adalah sebuah upaya untuk memperkuat pelayanan dan sistem kesehatan di Indonesia dengan tujuan menciptakan generasi “Emas” yang sehat dan kuat pada tahun 2045.   

Munurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, kemenkes memiliki misi besar untuk meningkatkan pelayanan kesehatan secara pesat.  

Oleh karena itu, penting sekali untuk Indonesia bekerja sama dengan negara yang memiliki sistem kesehatan yang lebih maju dan beda dari Indonesia supaya bisa terjadi pertukaran ilmu yang signifikan.

"Kita harus belajar dari yang terbaik di bidang kesehatan dan Swedia memiliki perusahaan-perusahaan kesehatan terkemuka, seperti AstraZeneca yang memiliki sains dan teknologi terkemuka di bidangkesehatan seperti pencegahan dan vaksin,” ujar Menteri Budi.

Menteri Budi menambahkan platform SISP Healthcare sedikit membahas kerja sama antar-pemerintah dan lebih banyak membahas kolaborasi antar pemerintah dengan swasta.

“Indonesia tidak bisa menjadi negara berpendapatan tinggi jika pemerintah tidak memfasilitasi pihak swasta, sebagai pengerak roda ekonomi terbesar. Saya menerima instruksi dari Bapak Presiden bahwa kita perlu merubah pola pikir dan kultur di kementerian agar bisa lebih terbuka untuk membuat program kesehatan bersama pihak swasta,” jelas Budi.  

Duta Besar untuk Indonesia, Timor-Leste dan ASEAN, YM Daniel Blockert menambahkan bahwa peluncuran SISP Healthcare Platform menandakan momen penting dalam kemitraan jangka panjang antara Swedia dan Indonesia dan menyambut baik kerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

Kementerian Kesehatan, Kedutaan Swedia dan AstraZeneca meluncurkan Sweden-Indonesia Sustainability Partnership (SISP) Healthcare.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News