Kemenkes Luncurkan Mobil Edukasi untuk Cegah Demam Berdarah

Kemenkes Luncurkan Mobil Edukasi untuk Cegah Demam Berdarah
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono melepaskan mobil edukasi dengue untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pencegahan demam berdarah. Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu/rwa/sad

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono melepaskan mobil edukasi dengue untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pencegahan demam berdarah.

Mobil tersebut diserahkan kepada sekolah dasar, pasar, rumah sakit, dan ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Dante mengatakan mobil edukasi dengue ini akan beroperasi secara bertahap di 100 titik yang ada di kota Bandung, Cirebon, Yogyakarta, dan Malang.

Dokter spesialis endokrinologi itu menjelaskan terjadi peningkatan kasus demam berdarah dari tahun ke tahun karena demam berdarah merupakan penyakit endemik di daerah tropis dan subtropis.

Kementerian Kesehatan mencatat 52.313 kasus dan 488 kematian terjadi karena demam berdarah hingga minggu ke-23 pada 2022.

Kemenkes dalam hal ini tidak bisa turun sendiri secara eksklusif untuk menangani demam berdarah karena itu dibutuhkan peran serta masyarakat,” kata Dante, Selasa (5/7).

Menurut dia, Indonesia sudah memiliki wabah tahunan yang terus ada hingga sekarang sebelum pandemi Covid-19, yaitu demam berdarah.

Chief Sales Officer Enesis Group Ryan Tirta Yudhistira mengatakan mobil edukasi keliling ini merupakan kerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk memberikan imbauan kepada masyarakat tentang penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta pencegahan dengue melalui pemberantasan sarang nyamuk melalui 3M Plus.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono melepaskan mobil edukasi dengue untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pencegahan demam berdarah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News