Kemenkes Targetkan 514 Rumah Sakit Sediakan Layanan untuk Penyakit Tak Menular

Kemenkes Targetkan 514 Rumah Sakit Sediakan Layanan untuk Penyakit Tak Menular
Kemenkes menyusun langkah transformasi sistem kesehatan yang fokus pada enam pilar, salah satunya ialah transformasi layanan rujukan. Ilustrasi rumah sakit. ANTARA/M. Riezko Bima Elko P

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyusun langkah transformasi sistem kesehatan yang fokus pada enam pilar, salah satunya ialah transformasi layanan rujukan.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksoni menjelaskan transformasi layanan rujukan bertujuan untuk mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat.

Untuk itu, Kemenkes mengembangkan layanan unggulan dan jejaring pelayanan rujukan untuk penanganan empat penyakit tidak menular yakni stroke, kanker, jantung dan ginjal.

Sebab, keempat penyakit tersebut jumlahnya terus meningkat, kerap menjadi penyebab utama kematian, dan berkontribusi pada besarnya biaya kesehatan.

“Fasilitas pelayanan kesehatan yang ada saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan layanan kesehatan terhadap penyakit katastropik terutama di Daerah Terluar, Pedalaman dan Kepulauan (DTPK)," kata Dante, Rabu (10/8).

Misalnya, lanjut dia, belum banyak kabupaten/kota yang mampu melakukan pemasangan ring jantung.

Dante mengatakan banyak pasien harus menunggu lama, bahkan ada juga yang memilih berobat ke luar negeri.

Melalui transformasi ini, 514 kabupaten/kota ditargetkan memiliki rumah sakit (RS) yang mampu melakukan pelayanan kesehatan untuk keempat penyakit tersebut.

Kemenkes menyusun langkah transformasi sistem kesehatan yang fokus pada enam pilar, salah satunya ialah transformasi layanan rujukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News