Kemenkominfo Sebut Desain Infrastruktur 5G di IKN Nusantara Sudah Rampung

Kemenkominfo Sebut Desain Infrastruktur 5G di IKN Nusantara Sudah Rampung
Jaringan internet 5G kini meluas ke lima kota di Indonesia. Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan memiliki jaringan 5G yang nantinya bisa menunjang tata kota sistem smart city.

Juru Bicara Kemenkominfo Dedy Permadi mengatakan bahwa desain infrastruktur untuk jaringan telekomunikasi 5G di IKN sudah diselesaikan mengikuti cetak biru dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Desain tersebut disusun sesuai hasil koordinasi antara Kementerian Kominfo dengan pihak terkait yang berencana menerapkan teknologi 5G,” kata Dedy di Jakarta.

Dedy menjelaskan saat ini Kemenkominfo tengah melakukan pemetaan jaringan backbone maupun akses atau lastmile di Nusantara.

Adapun pemetaan itu terdiri dari infrastruktur penunjang perangkat aktif dan pasif, sehingga bisa memenuhi kebutuhan layanan fixed broadband maupun layanan mobile broadband.

Dengan penyiapan jaringan 5G, sistem smart city di Nusantara dipastikan akan terealisasi.

Sebelumnya, fungsi smart city di Nusantara bisa saja terkendala jika jaringan internet 5G tidak disiapkan.

Sebab, jaringan 4G di kawasan tersebut masih memiliki kekurangan berupa keterlambatan yang bisa mengganggu layanan terutama di kondisi genting.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan memiliki jaringan 5G yang nantinya bisa menunjang tata kota sistem smart cit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News