Kemenkominfo Targetkan Pada 2022 Seluruh Desa Tersambung Jaringan 4G

Kemenkominfo Targetkan Pada 2022 Seluruh Desa Tersambung Jaringan 4G
Ilustrasi jaringan 4G LTE. Foto: ridha/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah menargetkan lebih dari 12.000 desa di Indonesia sudah bisa tersambung ke jaringan 4G hingga dua tahun ke depan.

"Transformasi digital tidak bisa tanpa infrastuktur, itu hal yang paling mendasar," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Pangerapan, Selasa.

Dalam catatan Kemenkominfo, terdapat 12.548 desa atau kelurahan di Indonesia yang belum terjangkau sinyal 4G dengan rincian 9.113 lokasi berada di daerah terdepan, tertinggal dan terluar (3T).

Daerah-daerah tersebut tersambung ke jaringan 2G sehingga baru bisa mendapatkan layanan seluler berupa telepon dan SMS.

Semuel menyatakan, tahun depan pemerintah akan menyelesaikan sinyal 4G di sekitar 4.000 titik. Program ini ditargetkan bisa menjangkau seluruh titik hingga 2022.

"Diharapkan pada 2022 semua desa di Indonesia sudah terlayani 4G," harap Semuel.

Pembangunan infrastruktur seperti dikatakan Semuel, merupakan hal dasar untuk transformasi digital setelah itu Indonesia memerlukan regulasi agar transformasi digital sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945.

Selain kedua hal tersebut, masih dalam rangka mendorong transformasi digital di Indonesia, perlu dilakukan manajemen konten termasuk moderasi konten dan tindakan hukum jika memenuhi unsur pelanggaran hukum.

Kemenkominfo berharap pada 2022, jaringan generasi keempat (4G) sudah bisa dinikmati di seluruh desa di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News