Kemenlu Belum Berencana Evakuasi WNI dari Wuhan

Kemenlu Belum Berencana Evakuasi WNI dari Wuhan
Para mahasiswa Unesa Surabaya di Wuhan yang terisolasi akibat wabah virus corona. Foto: dok. pribadi/Pojokpitu

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) belum berencana mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang kini berada di Wuhan, Tiongkok. Pasalnya, pemerintah daerah Wuhan masih memberlakukan isolasi seiring mewabahnya virus corona.

"Saat ini Provinsi Hubei dengan Ibu Kota Wuhan, masih lock down, sehingga evakuasi belum dimungkinkan," kata Plt Jubir Kemenlu Teuku Faizasyah dalam pesan singkatnya kepada JPNN.com, Selasa (28/1).

Hingga saat ini, kata dia, kondisi WNI masih sehat meski pemerintah lokal Wuhan melakukan isolasi di wilayahnya. Dalam catatan Kemenlu, WNI di Wuhan belum ada yang terjangkit Corona.

"Kondisi WNI saat ini sehat dan masih baik. KBRI terus berkomunikasi dengan para WNI," ucap Teuku.

Teuku meyakini, persediaan logistik WNI selama isolasi di Wuhan, masih mencukupi. KBRI Beijing terus berkoordinasi untuk memantau persediaan logistik WNI selama isolasi di Wuhan.

"Sepengetahuan saya masih cukup. KBRI Beijing terus berkomunikasi dengan mereka untuk memastikan kondisi mereka, termasuk ketercukupan logistik, pangan," tutur dia.

Sebagai informasi, lebih dari 2.000 orang di seluruh dunia tertular virus corona, dengan kasus terbanyak ditemukan di Tiongkok. Tercatat sebanyak 56 orang di Tiongkok meninggal karena wabah tersebut.

Presiden Xi Jinping mengatakan dalam sidang politbiro, Sabtu (25/1), bahwa Tiongkok sedang menghadapi situasi berbahaya. Sementara badan-badan kesehatan di seluruh dunia bergelut mencegah wabah itu. (mg10/jpnn)

Pemerintah belum berencana mengevakuasi WNI yang berada di pusat epidemi virus corona, di Wuhan, Tiongkok.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News