KemenPAN-RB & Kemenkominfo Siapkan Portal Nasional, Semua Layanan Publik Terintergrasi 

KemenPAN-RB & Kemenkominfo Siapkan Portal Nasional, Semua Layanan Publik Terintergrasi 
MenPAN-RB Azwar Anas. Ilustrasi Foto: Humas KemenPAN-RB

jpnn.com, JAKARTA - KemenPAN-RB dan Kemenkominfo menyiapkan portal nasional. Semua layanan publik terintergrasi di portal tersebut.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Anas bertemu  Menkominfo Budi Arie Setiadi. Keduanya membahas mengenai percepatan pembangunan portal nasional.

"Kami siapkan portal nasional yang mengintegrasikan berbagai layanan publik, yang mana ini menjadi tugasnya menkominfo sebagaimana amanat Perpres 82/2023," ujarnya di kantor KemenPAN-RB, Rabu (3/1).

Menteri Anas mengatakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Indonesia segera berproses memiliki layanan digital terpadu atau tidak terpisah-pisah seperti selama ini, dengan berdasarkan interoperabilitas yang baik.

Kehadiran GovTech sangat penting agar digitalisasi layanan pemerintah bisa terpadu dan terintegrasi.

"Selama ini, layanan digital pemerintah masih belum sepenuhnya terpadu dan terintegrasi," ujarnya.

Mantan kepala LKPP ini menjelaskan portal nasional ini dibangun berbasis citizen-centric, yakni masyarakat menjadi aktor utama dalam pelayanan.

Dia juga menyebutkan terdapat 9 aplikasi yang menjadi fokus SPBE prioritas. Hal ini meliputi, sektor layanan penerbitan SIM dan izin keramaian daring, bantuan sosial, layanan kesehatan, layanan pendidikan.

KemenPAN-RB & Kemenkominfo menyiapkan Portal Nasional yang mengintegrasikan semua layanan publik 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News