Kemenpora Gelar Pelatihan Pengembangan Pariwisata Olahraga untuk Pemuda

Kemenpora Gelar Pelatihan Pengembangan Pariwisata Olahraga untuk Pemuda
Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta. Foto: kemenpora for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pelatihan Pengembangan Pariwisata Olahraga untuk Pemuda 2021 telah digelar Kamis (8/7).

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta mengatakan depan pariwisata olahraga harus menjadi industri baru yang diprakarsai oleh anak-anak muda Indonesia.

Menurut pria asal Kulon Progo, Yogyakarta itu, pelatihan yang dilakukan sangat luar biasa, karena 5.000 lebih anak muda sangat konsen dengan pariwisata olahraga.

"Ini modal awal, anak muda peduli dan mau mendengarkan tentang pariwisata olahraga atau sport tourism ini. semoga diawali dari minat dan niat ini akan ada banyak jalan untuk bagaimana anak muda Indonesia mengembangkan pariwisata, terutama melalui olahraga," ucapnya.

Sport tourism menurut dia ialah olahraga yang dikemas dengan cara tertentu untuk mempromosikan pariwisata. Di Indonesia sport tourism masih kecil presentasenya, tetapi dia optimistis itu bisa menjadi besar. Untuk jadi besar.

"Anak-anak muda harus menangkap berbagai tantangan dan ruang. Tantangannya semakin maju kalau olahraga dikaitkan dengan sport tourism maka sport tourism akan makin kuat," tuturnya.

"Negara berebut untuk menjadi tuan rumah sepakbola, olimpiade, sea games dan asian games pasti kalkulasi utamanya adalah pariwisata. Indonesia punya banyak kekayaan alam tentang kekuatan alam. Apalagi di olahraga rekreasi, kita punya banyak kenal istilah hiking, surving dan sebagainya. Tentunya banyak sekali alam yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan event olahraga," ucapnya.

Indonesia menurutnya banyak keunggulan namun eventnya masih sepi. "Sudah saatnya anak-anak muda melakukan inovasi untuk membuat event-event olahraga," tutupnya. '

Pelatihan Pengembangan Pariwisata Olahraga untuk Pemuda 2021 digelar Kamis (8/7).


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News